ANALISIS PENGUATAN DAN DEVELOPMENT FRONT WHEEL ALIGNMENT (FWA) PADA MITSUBISHI LANCER SL SPESIFIKASI DRIFTING
Abstract
Salah satu kompetisi modifikasi di bidang otomotif adalah drifting, drifting
merupakan jenis balapan yang bersifat kompetisi seni manufer mobil pada
kecepatan tinggi melewati setiap tikungan sesuai waktu yang ditentukan. Faktor
yang menyebabkan hal tersebut dapat terwujud adalah terciptanya super angle.
Super angle merupakan perubahan pada sudut belok yang lebih exstrim,
pembentukan sudut belok yang jauh lebih besar mengakibatkan radius putar dari
mobil menjadi lebih singkat atau kecil dan memaksimalkan kemampuan belok
mobil. Cara pembentukan super angle dengan cara merubah faktor pada front
wheel alignment seperti penyetelan camber negatif ,caster tetap ,toe angel
dibentuk ke stelan toe in ,turning radius dibuat lebih kecil ,serta perubahan pada
komponen kaki kaki meliputi lower arm diubah menjadi dua titik, knuckle arm
dan suspensi dilengkapi stelan camber, dan komponen steering steer yang diubah
sesuai ketentuan yang di inginkan. Hasil pengujian handling dan spooring
menunjukkan bahwa ukuran camber left (-0ᵒ,36’*), right (0ᵒ,03’*), caster left
(3ᵒ18’*), right (3ᵒ43’*), toe in left (0ᵒ03’), right (0ᵒ04’), ( dan turning radius 5
meter satu putaran penuh.