PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRODI PBJ UNNES MENGENAI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU
View/ Open
Date
2017Author
PRASETIANI, DYAH
NURHAYATI, SILVIA
SEPTIA NINGRUM, NURLITA
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan utuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai profesi guru dan untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi mengenai profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sampel penelitian ini adalah 52 mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa mengenai profesi guru termasuk dalam kategori tinggi yaitu 65,23%. Hal ini menunjukkan bahwa lebih dari sebagian mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES memiliki pandangan yang baik terhadap profesi guru. Selain itu juga diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara persepsi mahasiswa mengenai profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES dengan koefisien korelasi yang bernilai 0,497 dan koefisien determinasi sebesar 25%.