DAMPAK PERUBAHAN KURIKULUM PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG TERHADAP PRESTASI MAHASISWA SASTRA JEPANG FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2007- 2017
Abstract
Kurikulum pada perguruan tinggi adalah seperangkat mata kuliah yang ditujukan untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya. Perubahan kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan lulusan. Sejak didirikannya program studi S1 Sastra Jepang tahun 2007 hingga saat ini, kurikulum program studi telah diubah yaitu pada tahun 2007, 2010 dan 2015. Tujuan penelitian adalah memaparkan dampak dari perubahan kurikulum Program Studi S-1 Sastra Jepang sejak tahun 2007 hingga 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif analisis, yang dilakukan dengan menjabarkan kurikulum prodi Sastra Jepang dari tahun 2007, 2010 dan 2015 kemudian menganlisis hasinya pada prestasi mahasiswa. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa perubahan kurikulum pada program studi Sastra Jepang memberikan dampak yang positif bagi prestasi akademik mahasiswa Sastra Jepang FIB UB, baik tingkat regional, nasional dan internasional.