SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PENGAJARAN BAHASA JEPANG DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PERIODE 1992-2013)
Abstract
Makalah ini merupakan bagian dari serangkaian hasil penelitian yang diadakan oleh Tim Peneliti Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada pada tahun 2013. Beberapa permasalahan yang dibahas dalam makalah ini yaitu (1) awal mula pengajaran bahasa Jepang di Sekolah Menengah Atas yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, (2) perkembangan pengajaran bahasa Jepang di Sekolah Menengah yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, dan (3) permasalahan yang dihadapi oleh pengajar bahasa Jepang di Sekolah Menengah yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh karena merupakan bagian dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini terbatas sampai dengan tahun 2013. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode survei, wawancara, dan studi pustaka. Data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif agar dapat diperoleh gambaran mengenai perkembangan pengajaran bahasa Jepang di Sekolah Menengah Atas yang di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Pengajaran bahasa Jepang di Sekolah Menengah Atas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta diselenggarakan sejak tahun 1992, setelah terselenggaranya pengajaran bahasa Jepang di tingkat perguruan tinggi; (2) Perkembangan pengajaran bahasa Jepang di Sekolah Menengah Atas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sampai dengan tahun 2013 menunjukkan perkembangan yang baik ditandai dengan banyaknya jumlah sekolah yang menyelenggarakan pengajaran bahasa Jepang sebagai bahasa asing.