BELIEF PEMBELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DALAM PERKULIAHAN CHUJOKYU DOKKAI
Abstract
Metode Student Centered Learning (SCL) berbasis JF Standard telah diterapkan dalam mata kuliah Chujokyu Dokkai Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini berfokus pada belief pembelajar bahasa Jepang terhadap kegiatan SCL yang diselenggarakan dalam perkuliahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah belief pembelajar terhadap metode SCL yang diterapkan dalam perkuliahan positif atau tidak. Tujuan penelitian ini selain untuk menjawab rumusan masalah tersebut, juga diharapkan dapat memberikan umpan balik bagi pengembangan metode pengajaran Student centered learning (SCL), khususnya dalam mata kuliah membaca (Dokkai). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan instrumen yang digunakan adalah angket yang diadaptasi dari The BALLI (Belief About Language Learning Inventory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa belief pembelajar terhadap kegiatan SCL cenderung positif. Pembelajar merasa kegiatan SCL berupa discovery learning dan group project work dalam pembelajaran dokkai membuat mereka lebih aktif dan pembelajaran menjadi lebih interaktif. Selain itu, sistem portofolio juga membantu pembelajar dalam memantau progres studi serta melakukan evaluasi secara mandiri. Sementara itu, belief pembelajar terhadap peranan pengajar mengindikasikan ekspektasi pembelajar terhadap keterlibatan pengajar yang lebih intens dalam pemberian feedback dan instruksi yang jelas dalam mengarahkan kegiatan pembelajaran.