STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENGINFORMASIKAN PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM PENYIARAN (P3SPS) KEPADA LEMBAGA PENYIARAN
Abstract
Di era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi dan juga pemikiran mulai berkembang sangat pesat, tidak terkecuali industri penyiaran. Berbicara tentang industri penyiaran, pasti tidak lepas dari yang namanya televisi dan radio. Tuntutan masyarakat akan informasi memaksa munculnya lembaga-lembaga penyiaran yang harus menyajikan kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Banyaknya lembaga penyiaran baik dari radio maupun televisi yag hadir di Indonesia berbanding lurus dengan siaran maupun tanyangan yang mulai muncul. Hal ini yang mendasari terbentuknya Komisi penyiaran Indonesia (KPI) dan Komisi penyiaran Indonesia Daerah (KPID), sebuah lembaga yang mengatur dan mengawasi setiap kegatan penyiaran baik radio maupun televisi.
Penelitian ini membahas mengenai Strategi Komunikasi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Menginformasikan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Penyiaran (P3SPS) kepada Lembaga Penyiaran. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan Strategi Komunikasi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Menginformasikan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Penyiaran (P3SPS) kepada Lembaga Penyiaran.
Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan wawancara dan studi dokumen untuk memperoleh data. Subjek dalam penelitian adalah para komisioner KPID DIY yang menjalankan strategi komunikasi dan juga perwakilan lembaga penyiaran. Peneliti menggunakan metode triangulasi untuk menyimpulkan hasil penyajian data agar mendpatkan kesimpulan yang valid.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Menginformasikan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Penyiaran (P3SPS) kepada Lembaga Penyiaran dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu perencannan strategi komunikasi, menetukan Komunikator, pesan dan juga media, pelaksanaan kegiatan strategi komunikasi yang dibagi menjadi dua tahap yaitu pelaksanaan kegiatan strategi komunikasi tatap muka dan juga pelaksanaan kegiatan strategi komunikasi melalui CYBER, dan melakukan evaluasi. Jika pada proses strategi komunikasi yang dilakukan
oleh Komunikasi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta ada tahap yang terlewat akan berdampak serta mempengaruhi pada tahap selanjutnya.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
STRATEGI POSITIONING BATIK TV PEKALONGAN SEBAGAI TELEVISI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK LOKAL PERIODE 2014-2015 (POSITIONING STRATEGY OF BATIK TV PEKALONGAN AS LOCAL PUBLIC TELEVISION BROADCASTING INSTITUTIONS PERIODE 2014-2015)
MUBARAK, HAEDAR (FISIPOL UMY, 2016)Positioning dalam sebuah stasiun televisi memiliki peranan penting agar stasiun televisi dapat bertahan dan menjaga eksistensinya dalam situasi yang semakin kompetitif, maka diperlukan suatu strategi positioning. Batik ... -
EFEKTIVITAS KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH YOGYAKARTA DALAM PENGAWASAN PENYIARAN TELEVISI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
HARAHAP, ABI HAMDALAH SORIMUDA (FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS UMAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-06-26)Perkembangan media massa terutama pertelevisian ini tentu ada yang menimbulkan dampak negatif terhadap sosial budaya masyarakat maka pemerintah mengaturnya dalam Undang-undang nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran bagian ... -
PENYIARAN DAERAH MILIK SIAPA?
HAPSARI, TWEDIANA BUDI (Diskusi publik KOMISI PENYIARAN DAERAH YOGYAKARTA, 2015-12-17)