Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorSU’AIDIN, SU’AIDIN
dc.date.accessioned2018-01-16T06:55:30Z
dc.date.available2018-01-16T06:55:30Z
dc.date.issued2018-01-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16862
dc.descriptionTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Kegiatan Pembelajaran Al-Qur’an, dan mengetahui Efektifitas Kegiatannya, serta mengetahui Faktor Pendukung dan penghambat kegiatan Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Akhlak Siswa SMP Muhammadiyah Kasihan Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, dan metode pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi langsung ke lapangan, kemudian wawancara, dan dokumentasi, informasi yang berkaitan dengan Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Akhlak Siswa SMP Muhammadiyah Kasihan. Dalam penelitian ini menyimpulka bahwa, Kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Kasihan adalah sebagai langkah awal guru, dalam meletakkan pondasi agama kepada siswa untuk mempersiapkan generasi yang mempunyai dasar ilmu Al-Qur’an dan bekal agama yang kuat. Untuk itu adalah kewajiban orang tua dan guru untuk menanamkan budi pekerti yang agung dan keimanan yang kuat yang berdasarkan tuntunan Al-Qur’an dan sunnah. Dalam kegiatan ini Selain diajarkan tentang membaca Al-Qur’an, juga guru mengajarkan tentang pendidikan Akhlak, sehingga siswa bukan saja mampu membaca Al-Qur’an saja, akan tetapi mereka mereka dibekali dan diajarkan tentang bagaimana siswa berakhlakul karimah dan berprilaku baik. Dengan adanya kegiatan ini para guru berharap agar para siswa tersebut akan terbiasa membaca dan mempelajari Al-Qur’an, ini adalah salah satu alternatif guru untuk mendidik dan mengajarkan bagaimana membaca Al-Qur’an, karena masih banyak dari siswa mereka yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Adapu hasil yang didapat dalam penelitian adalah yang pertama tentang proses pembelajaran Al-Qur’annya, dalam proses kegiatan ini masih banyak yang belum terlaksana sehingga kegiatanya tidak terlalu efektif dan efisien, yang kedua tentang efektifitas pembelajaran Al-Qur’annya,seperti yang sudah di jelaskan dalam proses kegiatan diatas, hasil yang didapat dalam kegiatan ini pun tidak terlalu efektif sehingga masih banyak yang harus di perbaiki, dan yang ketiga adalah faktor pendukung dan penghambat dari proses pembelajaran Al-Qur’annya, dari faktor pendukung diantaranya ialah dukungan orang tua maupun masyarakat setempat, sedangkan penghambatnya ialah kurang nya pengajar yang ahli dibidang Al-Qur’an, serta sarana dan prasarana yang tidak memadai dll.en_US
dc.description.abstractThe aim of the stady is to find out the process of stadying Al-Qur’an in order to improve the students’ akhlak (moral) in SMP MuhammadiyahKasihan, to find out the effectiveness of the process of studying Al-Qur’an in order to improve the students’akhlak in SMP MuhammadiyahKasihan, and to figure out the supporting and inhibiting factors in the process of stadying Al-Qur’an in improving the students’ akhlak quality at SMP MuhammadiyahKasihan. This study used qualitative method while the data was collected trought direct field observation, followed by interview and documentation. The data was all related to the stady of Al-Qur’an for improfing the students’ akhlakquality at SMP MuhammadiyahKasihan. Result showa that the Al-Qur’an studying activity in SMP Muhammadiyah Kasihan is consideret as an initial step done by the teachers in embedding strong religious foundation towards all students so that they will shape a stronglybprepared and religious generation with Al-Qur’an as the basis. It is also the duty of the students’ parents to educate proper moral and religion according to Al-Qur’an and sunnah, besides learning how to recite the hly Qur’an teachers have also taught moral education so that the students will not only be able to recite Al-Qur’an but also know how to behave appropriately. By conducting this activity, it is expected that the students will be accustomed to reciting and studying Al-Qur’an. Currently, three all still many students who connot recite Al-Qur’an properly. Result shows that during the process of studying the holy Qur’an three are still many parts of the program that have not been implemented. Thus, the program dit not in a fully affective and efficient way. Secondly, the affectiveness of studying the Al-Qur’an is als not affective that it needs improvement. Thirdly, the factor supporting the students’ akhlak quality is support from either parents or surrounding community, whill the inhibiting factor is that three are still ineffective teachers who are expert in teaching Al-Qur’an. Moreover, three are also problems in the school’s facility and infrastructureen_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectThe study of Al-Qur’an and Akhlak (moral) Quality. Pembelajaran Al-Qur’an dan Kualitas Akhlak.en_US
dc.titlePEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAK SISWA SMP MUHAMMADIYAH KASIHANen_US
dc.typeThesis SKR FAI 487en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record