Show simple item record

dc.contributor.advisorARIFIANTO, BUDI DWI
dc.contributor.authorSANTOSO, AGUS BUDI
dc.date.accessioned2018-01-19T03:48:03Z
dc.date.available2018-01-19T03:48:03Z
dc.date.issued2017-12-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17026
dc.descriptionDesain komunikasi visual merupakan menyampaikan pesan dari suatu pihak ke pihak lain melalui bahasa visual dengan menggunakan berbagai media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa proses kreatif dalam pembuatan desain kaos yang dilakukan oleh Qimojapara dalam memperkenalkan sosial budaya kota Jepara melalui media T-Shirt. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif dan menggunakan analisa kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah Qimojapara distro clothing Jepara. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisa data yaitu analisis data kualitatif, dan menggunakan triangulasi sumber sebagai uji validitas data. Berdasarkan hasil analisis dari data-data yang sudah disajikan. Peneliti menemukan beberapa hal dalam proses kreatif yang diterapkan oleh Qimojapara. Yang pertama, Qimojapara melakukan riset dalam pencarian informasi untuk membuat konsep desain. Kedua, mengembangkan dan mengevaluasi hasil riset. Ketiga, membuat sketsa sebagai konsep desain yang akan divisualisasikan. Keempat, proses pewarnaan menggunakan software pendukung dalam pembuatan desain. Kelima, desain komunikasi visual yang ditampilkan oleh Qimojapara melalui T-Shirt menampilkan dalam bentuk ilustrasi.en_US
dc.description.abstractVisual communication design is delivering a message from one person to another through visual language by using various media. This study aims to analyze the creative process in making Tshirt design by Qimojapara in introducing social culture of Jepara city through T-Shirt media. This research used descriptive case study method and using qualitative analysis. The object of this research is Qimojapara distro clothing of Jepara. Methods of data collection using interviews and documentation. Using qualitative analysis for the technique, and triangulation of source for check the validity. Based on the analysis of the data that has been presented. Researchers found some of the things in the creative process implemented by Qimojapara. First, Qimojapara does research in information search to create design concepts. Second, develop and evaluate the result of research. Third, sketching as a design concept that will be visualized. Fourth, the coloring process using supporting software in the design. Fifth, the visual communication design displayed by Qimojapara through T-Shirt displays in illustrated form.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectCreative, Creative Process, Visual Communication Design, Culture, Qimojapara. Kreatif, Proses Kreatif, Desain Komunikasi Visual, Budaya, Qimojapara.en_US
dc.titlePROSES KREATIF PADA DESAIN KAOS QIMOJAPARA DISTRO CLOTHING COMPANY JEPARAen_US
dc.title.alternativeStudi kasus pada desain Qimojapara dalam memperkenalkan Sosial Budaya kota Jeparaen_US
dc.typeThesis SKR 767en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record