Show simple item record

dc.contributor.advisorMARTIANA, ANDRI
dc.contributor.authorLAKSONO, SATRIO JATI
dc.date.accessioned2018-01-20T04:15:41Z
dc.date.available2018-01-20T04:15:41Z
dc.date.issued2017-12-28
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17080
dc.descriptionDalam Islam setiap kegiatan manusia diatur dalam Al-Quran dan hadis salah satunya adalah kegiatan bisnis. Untuk menjalankan bisnis terdapat etika bisnis Islam yang penting untuk diterapkan oleh setiap pedagang yang mayoritas muslim. Pedagang muslim hendaknya dapat memahami dan menerapkan etika bisnis Islam dengan baik dengan harapan barang dagangan yang dijual terjaga kualitas serta dapat menjalankan bisnis sesuai ajaran Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana etika bisnis Islam pada pedagang makanan di jalan Malioboro Yogyakarta. Konsep dasar etika bisnis menggunakan sifat bisnis Rasulullah SAW, yaitu siddiq, amanah, fatanah, dan tabligh. Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan dengan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Populasi yang dipilih oleh peneliti adalah pedagang makanan di jalan Malioboro kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data pendukung. Selanjutnya menggunakan teknik wawancara untuk mendapatkan data secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi etika bisnis Islam pada pedagang makanan di jalan Malioboro sebagian besar sudah baik. Namun setelah dilakukan penelitian secara mendalam pada sifat amanah masih terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh pedagang makanan diantaranya membuang sampah sembarangan.en_US
dc.description.abstractThe life of every human being is governed by the Al-Quran and Hadith in Islam. One of them is a business activity. To run a business, Islamic business ethic is an important aspect to be implemented by every Muslim seller. Ideally, Muslim sellers should understand and implemented Islamic business ethic well in hope to maintain the quality of their sold goods and to run a business according to the teaching of Islam. Thia research aims to find out the Islamic business ethic of food sellers in Malioboro street Yogyakarta. The basic concept of business ethics is derived from business nature Rasulullah SAW, namely siddiq, amanah, fathanah, and tabligh. This research is field research using descriptive qualitative to analyze the data. The selected population was the food sellers in Malioboro street Yogyakarta. Questionnaires were used in this research as the supporting data. Meanwhile, interview was used to obtain the data in depth. The finding indicates that the implementation of Islamic business ethic in food sellers in Malioboro street has been nearly all good. However, after conducting the research in depth, in the aspect of amanah, it was found that the street sellers still commit violations such as littering.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectImplementation, Islamic business ethic, food sellers. Implementasi, Etika Bisnis Islam, Pedagang Makananen_US
dc.titleIMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA USAHA MAKANANen_US
dc.title.alternative(STUDI KASUS PEDAGANG MAKANAN DI JALAN MALIOBORO KOTA YOGYAKARTA)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 484en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record