Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABDUL
dc.contributor.authorHALIMAH, NUR
dc.date.accessioned2018-01-24T03:28:54Z
dc.date.available2018-01-24T03:28:54Z
dc.date.issued2017-12-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17226
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran pada Kurikulum Standard Sekolah Rendah (KSSR) serta untuk mengetahui implementasi metode Pendidikan Agama Islam di SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru, Malaysia, dan menganalisis faktor pendukung maupun faktor penghambat dalam implementasi metode Pendidikan Agama Islam (PAI) di SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru, Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi terstruktur, wawancara terpimpin serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yang mengacu pada model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan menggunakan triangulasi untuk memeriksa keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dalam Kurikulum Standard Sekolah Rendah (KSSR) lebih menekankan kepada metode pembelajaran yang berpusat pada murid (Student Centered Learning), terpadu, menyenangkan serta menekankan pada perkembangan kemampuan berfikir dan soft skill peserta didik. Implementasi metode pendidikan Islam pada SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru yaitu guru memilih strategi dan metode pengajaran dengan menyesuaikan karakter peserta didik, menyediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan relevan, melibatkan peserta didik secara aktif dalam mengikuti pembelajaran, guru membantu peserta didik mencapai standard yang telah ditetapkan, membimbing peserta didik menjelajahi berbagai cara untuk menyelesaikan masalah serta membuat penilaian. Di antara metode-metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di SK (P) Sultan Ibrahim meliputi metode talaqqi musyafahah, bercerita, latih tubi, permainan, hafazan, lakonan, sumbang saran, hot seat, gallery walk, tunjuk cara/demonstrasi, dan lawatan. Faktor pendukung pelaksanaan metode pembelajaran pendidikan Islam di SK (P) Sultan Ibrahim ini adanya kerjasama yang baik antara guru dengan orang tua peserta didik, karyawan, serta pimpinan sekolah. Semuanya dapat bekerja sama dengan baik dalam memperhatikan perkembangan kognitif serta perkembangan perilaku peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah terdapat murid yang tidak dapat bekerja sama dengan baik, karena masingmasing peserta didik memiliki minat dan pemikiran yang berbeda-beda, sehingga guru perlu lebih memperhatikan karakteristik peserta didik serta lebih kreatif dalam mengembangkan dan menjalankan metode pembelajaran yang digunakan.en_US
dc.description.abstractThis study aims at analyzing the learning method in Kurikulum Standard Sekolah Rendah (KSSR/Elementary School Standard Curriculum), figuring out the implementation of Islamic education method in SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru, Malaysia, as well as analyzing the supporting and inhibiting factors in implementing Islamic Education method in SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru Malaysia. This study was a qualitative research that used field research. The data gathering technique in this study was through structured observation, directed interview and documentation. This study used data analysis that referred to Miles and Huberman model, involving data collection, data reduction, data presentation, data verification and triangulation for data validation. Result shows that the learning method in KSSR has emphasized more on the learning method that focuses on the students (student-centered learning), integrated, fun, as well as reinforcing the students’ thinking skill development and soft skills. The implementation of Islamic education in SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru is that the teachers selected a strategy and teaching method which is conducive and relevant, actively involving the students in the classroom, actively helping the students in achieving the required standard, guiding the students to explore various ways in solving problems and making judgments. The Islamic education learning methods used in SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru are Talaqqi Musyafahah, storytelling, insistent practice, games, hafazan, role-play, asking and giving advice, hot seat, gallery walk, demonstration, and lawatan. The factors supporting the Islamic education learning method in SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru is the good cooperation between the teachers and the students’ parents, staff and school headmaster. The whole components have cooperated appropriately in highlighting the cognitive and behavior development of the students. The factors inhibiting the Islamic education learning method is that there are students who cannot cooperate appropriately. Each student has his or her own interest and mind; therefore teachers should pay attention more on the students’ individual characteristics and also be more creative in developing and administering the learning method applied.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectelementary school standard curriculum, education method, Islamic education kurikulum standard sekolah rendah , metode pendidikan, pendidikan Islamen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KURIKULUM STANDARD SEKOLAH RENDAH DI SK (P) SULTAN IBRAHIM JOHOR BAHRU MALAYSIAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 458en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record