dc.contributor.advisor | MADJID, ABDUL | |
dc.contributor.author | HALIMAH, NUR | |
dc.date.accessioned | 2018-01-24T03:28:54Z | |
dc.date.available | 2018-01-24T03:28:54Z | |
dc.date.issued | 2017-12-21 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17226 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran pada
Kurikulum Standard Sekolah Rendah (KSSR) serta untuk mengetahui implementasi
metode Pendidikan Agama Islam di SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru, Malaysia,
dan menganalisis faktor pendukung maupun faktor penghambat dalam implementasi
metode Pendidikan Agama Islam (PAI) di SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru,
Malaysia.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian
ini melalui observasi terstruktur, wawancara terpimpin serta dokumentasi. Penelitian
ini menggunakan analisis data yang mengacu pada model Miles dan Huberman yang
meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan
menggunakan triangulasi untuk memeriksa keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dalam Kurikulum
Standard Sekolah Rendah (KSSR) lebih menekankan kepada metode pembelajaran
yang berpusat pada murid (Student Centered Learning), terpadu, menyenangkan serta
menekankan pada perkembangan kemampuan berfikir dan soft skill peserta didik.
Implementasi metode pendidikan Islam pada SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru
yaitu guru memilih strategi dan metode pengajaran dengan menyesuaikan karakter
peserta didik, menyediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan relevan,
melibatkan peserta didik secara aktif dalam mengikuti pembelajaran, guru membantu
peserta didik mencapai standard yang telah ditetapkan, membimbing peserta didik
menjelajahi berbagai cara untuk menyelesaikan masalah serta membuat penilaian. Di
antara metode-metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di SK
(P) Sultan Ibrahim meliputi metode talaqqi musyafahah, bercerita, latih tubi,
permainan, hafazan, lakonan, sumbang saran, hot seat, gallery walk, tunjuk
cara/demonstrasi, dan lawatan. Faktor pendukung pelaksanaan metode pembelajaran
pendidikan Islam di SK (P) Sultan Ibrahim ini adanya kerjasama yang baik antara
guru dengan orang tua peserta didik, karyawan, serta pimpinan sekolah. Semuanya
dapat bekerja sama dengan baik dalam memperhatikan perkembangan kognitif serta
perkembangan perilaku peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat
adalah terdapat murid yang tidak dapat bekerja sama dengan baik, karena masingmasing
peserta didik memiliki minat dan pemikiran yang berbeda-beda, sehingga
guru perlu lebih memperhatikan karakteristik peserta didik serta lebih kreatif dalam
mengembangkan dan menjalankan metode pembelajaran yang digunakan. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims at analyzing the learning method in Kurikulum Standard
Sekolah Rendah (KSSR/Elementary School Standard Curriculum), figuring out the
implementation of Islamic education method in SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru,
Malaysia, as well as analyzing the supporting and inhibiting factors in implementing
Islamic Education method in SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru Malaysia.
This study was a qualitative research that used field research. The data
gathering technique in this study was through structured observation, directed
interview and documentation. This study used data analysis that referred to Miles
and Huberman model, involving data collection, data reduction, data presentation,
data verification and triangulation for data validation.
Result shows that the learning method in KSSR has emphasized more on the
learning method that focuses on the students (student-centered learning), integrated,
fun, as well as reinforcing the students’ thinking skill development and soft skills. The
implementation of Islamic education in SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru is that the
teachers selected a strategy and teaching method which is conducive and relevant,
actively involving the students in the classroom, actively helping the students in
achieving the required standard, guiding the students to explore various ways in
solving problems and making judgments. The Islamic education learning methods
used in SK (P) Sultan Ibrahim Johor Bahru are Talaqqi Musyafahah, storytelling,
insistent practice, games, hafazan, role-play, asking and giving advice, hot seat,
gallery walk, demonstration, and lawatan.
The factors supporting the Islamic education learning method in SK (P)
Sultan Ibrahim Johor Bahru is the good cooperation between the teachers and the
students’ parents, staff and school headmaster. The whole components have
cooperated appropriately in highlighting the cognitive and behavior development of
the students. The factors inhibiting the Islamic education learning method is that
there are students who cannot cooperate appropriately. Each student has his or her
own interest and mind; therefore teachers should pay attention more on the students’
individual characteristics and also be more creative in developing and administering
the learning method applied. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | elementary school standard curriculum, education method, Islamic education kurikulum standard sekolah rendah , metode pendidikan, pendidikan Islam | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KURIKULUM STANDARD SEKOLAH RENDAH DI SK (P) SULTAN IBRAHIM JOHOR BAHRU MALAYSIA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
458 | en_US |