Show simple item record

dc.contributor.advisorSURYANDARI, GALUH
dc.contributor.authorKARINA, FITRI DIYAH
dc.date.accessioned2018-02-15T02:12:29Z
dc.date.available2018-02-15T02:12:29Z
dc.date.issued2017-05-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17745
dc.descriptionLatar Belakang: Learning objective adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang seorang mahasiswa harapkan yaitu sebagai tujuan belajar. Pada learning objective kelompok tutorial dengan learning objective skenario umumnya mempunya banyak perbedaan maka peran moderator sangat penting untuk mencapai hubungan kesesuaian. Pada hasil penelitian pendahuluan bahwa hubungan kesesuaian learning objective kelompok dengan learning objective skenario berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Tujuan : Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesesuaian learning objective dalam tutorial PBL dengan hasil belajar mahasiswa PSPD . Metode: Penelitian ini adalah Non-Eksperimental dengan desain penelitian deskriptif analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling diambil secara acak dengan jumlah keseluruhan responden 22 kelompok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi Spearman (uji non-parametric) untuk analisis bivariat. Hasil: Pada uji korelatif Spearman didapatkan terdapat korelasi yang bermakna antara dua variabel yang diuji nilai p=0,05 (p ≤ 0,05), dan kekuatan korelasinya adalah sedang yaitu didapatkan nilai r = 0,422 (0,40-0,599). Kesimpulan: Terdapat hubungan kesesuaian learning objective dalam tutorial PBL dengan hasil belajar mahasiswa PSPD UMY.en_US
dc.description.abstractBackground : Learning objective is a statement that explains what a student would expect as a learning goal. In learning objective group tutorials with learning objective scenarios generally have many differences then the role of moderator is very important to achieve the relationship of conformity. In the preliminary research result that the relationship fit group learning objectives with learning objective scenarios affect the student learning outcomes. Objective: This writing aims to determine the relationship of conformity learning objective in the PBL tutorial with student learning outcomes of PSPD. Method : this research is Non-Experimental with descriptive analytic research design using cross sectional approach. Simple random sampling technique was taken randomly with the total od 22 respondents. The method used in this research is Spearman correlation test (non-parametric test) for bivariate analysis. Result: Spearman correlation test showed that there was significant correlation between two variables tested p = 0,05 (p ≤ 0,05), and correlation strength was mean that r = 0,422 (0,40-0,599). Conclusion: There is a relationship of conformity learning objective in PBL tutorial with student learning result of PSPD UMY.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectLearning Objective, Problem Based Learning, Learning Outcomes. Learning Objective, Problem Based Learning,Hasil Belajar.en_US
dc.titleHUBUNGAN KESESUAIAN LEARNING OBJECTIVE DALAM TUTORIAL PBL DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PSPDen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 438en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record