HUBUNGAN TINGKAT RELIGIUSITAS DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Latar belakang : Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 tentang sisdiknas bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi siswa dalam hal intelektual, keterampilan sosial, dan religiusitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan religiusitas dengan prestasi akademik Mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik, cross-sectional. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, yaitu variabel bebas (religiusitas) serta variabel terikat (prestasi akademik). Subjeknya adalah 100 mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk variabel religiusitas, serta data nilai MCQ untuk variabel prestasi akademik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dari kuesioner untuk variabel religiusitas, dan dokumentasi untuk variabel prestasi akademik. Untuk teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis korelasi.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan religiusitas responden sebagian besar sangat tinggi. Prestasi akademik responden sebagian besar kurang (tidak lulus). Nilai koefisien korelasi seb esar 0,085 dengan nilai p sebesar 0,400.
Kesimpulan : Hubungan antara religiusitas dengan prestasi akademik tidak signifikan.