View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      NILAI-NILAI PENDIDIKANISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAKYANG TERKANDUNGDALAM PERMAINAN TRADISIONAL (Studikasus di KampungDolananPandesPanggungharjo SewonBantulYogyakarta)

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (306.6Kb)
      BAB I (167.2Kb)
      BAB II (1.086Mb)
      BAB III (153.4Kb)
      BAB IV (614.7Kb)
      BAB V (86.65Kb)
      COVER (136.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (2.665Mb)
      LAMPIRAN (4.336Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (181.9Kb)
      Date
      2015
      Author
      NOPIYANTI, RIZKI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan (a) Untuk mengkaji nilai–nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam permainan tradisional di Kampung Dolanan Pandes Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta.(b) Untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Islam dalam membentuk karakter anak yang terkandung dalam permainan tradisioanal di Kampung Dolanan Pandes Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yakni menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Subyek dalam penelitian ini yaitu ketua komunitas, guru, pengelola kampung dolanan,dukuh, warga dan anak-anak, karena mereka semua adalah sumber informasi penting dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah content analysis (analisis isi), Selain itu untuk memperoleh data yang cukup dan jelas dalam permasalahan yang diangkat oleh penulis maka ada beberapa teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan :(1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam permainan tradisional yaitu: disiplin, mandiri, tanggung jawab, menghargai kerja keras orang lain, bersyukur,sabar, adil dan persahabatan.(2) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk karakter anak yang terkandung dalam permainan tradisional yaitu:(a) Wicoro ada bunyi-bunyian baik itu tembang dialog yang keluar dari mulut si anak, artinya disana kecerdasan verbal anak/ keceradsan berbahasa anak itu diasah lewat tembang atau dialog, karena dengan permainan tradisional anak akan selalu melahirkan nuansa suka cita (b) Wirogo ada gerak tubuh, tiadak ada permaian tradisional itu yang hanya diam, karena memang wirogo, gerakan yang dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kecerdasna kinestetik anak, kecerdasan olah tubuh, kecerdasan psikomotik, kecerdasan motorik anak. Serta dengan permainan tradisional, anak memperoleh kesempatan berkembang sesuai dengan tahap-tahap pertumbuhan jiwanya (c) Wiromo adanya irama, irama hanya bisa dibangun ketika seorang anak bisa bermain, bekerjasama dengan patner mainya. Artinya kecerdasan intrapersonal anak, kecerdasan interpersonal anak, kecerdasan emosional anak itu diasah lewat dolanan.(d) Wiroso adanya sesuatu yang sifatnya batiniah, ruhaniah yang dimana di adalam permainan tradisional terdapat pelajaran etika, moral bahkan ajaran berketuhanan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18103
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV