KAMPANYE SOSIAL ORGANISASI ‘AISYIYAH DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN KONSUMEN UNTUK PRODUK UNGGAS SEHAT DI PROVINSI JAWA BARAT PADA TAHUN 2012 (STUDI EVALUATIF PROGRAM PIMPINAN PUSAT „AISYIYAH DI JAWA BARAT, TAHUN 2012)
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran sosial (social marketing) merupakan alat yang
digunakan perusahaan atau organisasi untuk melakukan perubahan sosial.
Efektivitas strategi komunikasi pemasaran sosial dapat dilihat dari perubahan
sikap sasaran kampanye. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi
komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh Organisasi Masyarakat Islam
„Aisyiyah dalam menjalankan kampanyenya dan menganalisis efektivitas
komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Lokasi penelitian mengambil tempat di 8 kabupaten di Jawa Barat. Pengambilan
data dilakukan dengan cara wawancara mendalam kepada 7 informan pelaksana
program dan 8 informan penerima program kampanye. Teknik analisa data adalah
analisis data kualitatif. Pada penelitian ini uji validitas data yang digunakan adalah
triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan dominasi strategi yang dilakukan „Aisyiyah
dalam kampanye adalah melalui forum pertemuan baik dengan konsumen atau
stakeholder lainnya. Aspek ini secara langsung memiliki hubungan dengan jumlah
peserta yang mengikuti program. Tingginya jumlah peserta semakin memperluas
jangkauan pesan.