View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI NILAI TAMBAH (VALUE ADDED) PENGGUNAAN TEKNOLOGI LAPAROSKOPI DI RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (524.0Kb)
      COVER (95.32Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (643.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (199.8Kb)
      BAB I (56.96Kb)
      BAB II (234.4Kb)
      BAB III (53.75Kb)
      BAB IV (230.6Kb)
      BAB V (44.04Kb)
      HALAMAN JUDUL (65.35Kb)
      LAMPIRAN (176.9Kb)
      Date
      2012-05-11
      Author
      NURHADI, AGUS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang:Industri pelayanan jasa rumah sakit yang semakin kompetitif membuat rumah sakit berlomba-lomba untuk melakukan inovasi teknologi. Demikian pula dengan RSU PKU Muhammadiyah Bantul, melihat peluang pasar yang ada, maka dilakukan pengadaan peralatan bedah laparoskopi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan strategi ini diharapkan akan membuat RSU PKU Muhammadiyah Bantul menjadi rumah sakit unggulan serta dapat bersaing dengan rumah sakit lain di Kabupaten Bantul. Tujuan penelitian:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan nilai tambah pelayanan medis dengan teknologi laparaskopi pada RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Metode penelitian:Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pihak manajemen RSU PKU Muhammadiyah Bantul yang mempunyai pengetahuan tentang pengadaan teknologi laparoskopi pada rumah sakit tersebut.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel rantai nilai. Hasil penelitian:Strategi nilai tambah pelayanan medis dengan teknologi laparoskopi di RSU PKU Muhammadiyah Bantul pada pra pelayanandengan melakukan market research untuk melihat peluang pasar yang tersedia, pada tahap pelayanan dengan mengedepankan kualitas hasil bedah, pada pasca pelayanan dengan pemantauan kondisi pasien. Strategi pada kegiatan pendukung, yaitu pada budaya organisasi dilakukan melalui keterbukaan informasi dan komunikasi yang baik, pada struktur organisasi telah dipisahkan masing-masing bagian sesuai dengan tugas dan fungsinya, sumber daya manusia telah ada, namun dengan jumlah yang masih kurang memadai. Kesimpulan:Meskipun pasien puas dengan kualitas hasil bedah laparoskopi di RSU PKU Muhammadiyah Bantul, namun pasien tetap mengeluhkan biaya yang mahal, tarif yang tidak sesuai pada saat awal pemeriksaan dengan sesudah operasi. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan yang lengkap sebelum operasi serta penjelasan yang rinci tentang biaya tindakan kepada pasien.Serta belum terbangun budaya kebersamaan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18500
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV