Show simple item record

dc.contributor.authorKUSUMANINGRUM, INDAH
dc.date.accessioned2018-05-23T07:33:33Z
dc.date.available2018-05-23T07:33:33Z
dc.date.issued2018-04-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19024
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Banguntapan Bantul; (2) mengetahui lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah Banguntapan Bantul; 3) mengetahui tingkat perilaku delinkuensi pada remaja kelas VIII di SMP Muhammadiyah Banguntapan Bantul; (4) membuktikan hubungan antara kecerdasan emosional dan lingkungan sekolah dengan perilaku delinkuensi pada remaja kelas VIII di SMP Muhammadiyah Banguntapan Bantul baik secara parsial maupun simultan. Jenis dan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi ganda. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Banguntapan Bantul yang berjumlah 138 siswa. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% diperoleh hasil 103 siswa. Sedangkan tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Metode pengumpulan data mengunakan angket dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VIII tergolong sedang; (2) lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah Banguntapan tergolong sedang; (3) perilaku delinkuensi pada remaja kelas VII SMP Muhammadiyah Banguntapan tergolong rendah; (4) Secara parsial terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku delinkuensi remaja kelas VIII SMP Muhammadiyah Banguntapan Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = -0,494 dengan Sig = 0,000; selain itu terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan perilaku delinkuensi, hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = -0,494 dengan Sig 0,000; dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan lingkungan sekolah, hal ini ditunjukkan dengan rxy = 1,000 dengan Sig = 0,000; Sedangkan secara simultan terdapat hubungan yang signifikam antara kecerdasan emosional dan lingkungan sekolah dengan perilaku delinkuensi pada remaja, hal ini ditunjukkan dengan Fregresi = 32,579 dengan Sig = 0,00. Adapun sumbangan efektif yang diberikan kecerdasan emosional dan lingkungan sekolah ditunjukkan dengan R = 0,244 atau 24,4% yang berarti 75,6% dipengaruhi oleh faktor lainen_US
dc.description.abstractThis research aims at: (1) describing the level of8th graders’ emotional intelligence inMuhammadiyah Junior High School of Banguntapan Bantul; (2) finding out the school environment of Muhammadiyah Junior High School of Banguntapan Bantul; (3) finding out the level of delinquency behavior of 8th graders inMuhammadiyahJunior High School of Banguntapan Bantul; (4) proving the relationship between emotional intelligence and school environment with teenagers’ delinquency behavior in the 8th grade of Muhammadiyah Junior High School of Banguntapan Bantul both partially and simultaneously. The type and the approach of the research was quantitative by using double regression analysis. The population of the research was all the class VIII students of Muhammadiyah Junior High School of Banguntapan Bantul with 138 students. The number of the sample was determined based on Slovin formula with mistake level of 5% resulted in 103 students. Meanwhile, the sample taking technique used simple random sampling technique. The data collecting technique used questionnaire and document. The result of the research showed that: (1) the level of emotional intelligence of the 8th graders of Muhammadiyah Junior High School of Banguntapan Bantul is in category of fair; (2) the school environment of Muhammadiyah Junior High School of Banguntapan Bantul is in 8th graders of Muhammadiyah Junior High School of Banguntapan Bantulis in category of low; (4) partially, there is a negative and significant relationship between emotional intelligence and teenagers’ delinquency behavior of the 8th graders of Muhammadiyah Junior High School of Banguntapan Bantul. It could be shown by the value of xry = -0.494 and Sig = 0.000. Besides, there is a negative and significant relationship between school environment and delinquency behavior shown by the value of rxy = -0.494 with Sig = 0.000, and there is a positive and significant between emotional intelligence and school environment shown by xry value = 1.000 with Sig = 0.000. Meanwhile, simultaneously there is a significant relationship between emotional intelligence and school environment and delinquency behavior of the teenagers shown by Fregression = 32.579 with Sig = 0.00. then, effective contribution given by emotional intelligence and school environment is shown by R = 0.244 or 24.4% meaning that 75.6% is influenced by other factors.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectemotional intelligence, school environment, delinquency behavior. Kecerdasan emosional, lingkungan sekolah, perilaku delinkuensi.en_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PERILAKU DELINKUENSI PADA REMAJA KELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 092en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record