Show simple item record

dc.contributor.advisorArifianto, Budi Dwi
dc.contributor.authorAPRILIANA, ARRIZQI QONITA
dc.date.accessioned2018-08-28T06:28:11Z
dc.date.available2018-08-28T06:28:11Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20893
dc.descriptionPerkembangan radio dari wilayah Ibu Kota ke beberapa kota di Indonesia membuat perluasan jangkauan radio menjadi perhatian tersendiri. Berawal dari keresahan adanya kapitalis radio jaringan yang melebarkan sayap hingga ke berbagai kota di Indonesia, membuat eksistensi radio lokal harus diperjuangkan lebih gencar untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Studi kasus yang diambil adalah dua radio yang berpredikat tinggi, yaitu Swaragama FM sebagai radio lokal, dan Prambors FM Yogyakarta sebagai radio jaringan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan strategi programming sekaligus untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi radio lokal dan radio jaringan di Yogyakarta dalam mempertahankan eksistensi jumlah pendengar. Adapun radio lokal adalah adalah radio yang hanya menjangkau pendengar lokal, dikelola oleh individu yang hanya memiliki satu radio, sedangkan, radio jaringan merupakan fenomena ekonomi dan politik radio berupa ekspansi pasar pendengar dan perluasan cakupan, bargaining iklan satu pintu, dan sentralisasi pesan siaran. Jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data seperti wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Swaragama FM memiliki tahap perencanaan program, yaitu research, developing, planning, organizing, controlling, evaluating, sedangkan, Prambors FM Yogyakarta adalah riset, meeting creative, dan penyebarluasan ke setiap biro. Swaragama FM maupun Prambors FM Yogyakarta menggunakan konsep segmenting, targetting, positioning, formatting, dan programming, analisis strength, weakness, opportunity, threat, serta melakukan monitoring terhadap lagu, pendengar, dan kompetitor. Swaragama FM menggunakan metode day parting dan countering untuk mengantisipasi pindahnya pendengar ke channel lain, sedangkan Prambors FM Yogyakarta hanya menggunakan day parting saja.en_US
dc.description.abstractPerkembangan radio dari wilayah Ibu Kota ke beberapa kota di Indonesia membuat perluasan jangkauan radio menjadi perhatian tersendiri. Berawal dari keresahan adanya kapitalis radio jaringan yang melebarkan sayap hingga ke berbagai kota di Indonesia, membuat eksistensi radio lokal harus diperjuangkan lebih gencar untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Studi kasus yang diambil adalah dua radio yang berpredikat tinggi, yaitu Swaragama FM sebagai radio lokal, dan Prambors FM Yogyakarta sebagai radio jaringan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan strategi programming sekaligus untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi radio lokal dan radio jaringan di Yogyakarta dalam mempertahankan eksistensi jumlah pendengar. Adapun radio lokal adalah adalah radio yang hanya menjangkau pendengar lokal, dikelola oleh individu yang hanya memiliki satu radio, sedangkan, radio jaringan merupakan fenomena ekonomi dan politik radio berupa ekspansi pasar pendengar dan perluasan cakupan, bargaining iklan satu pintu, dan sentralisasi pesan siaran. Jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data seperti wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Swaragama FM memiliki tahap perencanaan program, yaitu research, developing, planning, organizing, controlling, evaluating, sedangkan, Prambors FM Yogyakarta adalah riset, meeting creative, dan penyebarluasan ke setiap biro. Swaragama FM maupun Prambors FM Yogyakarta menggunakan konsep segmenting, targetting, positioning, formatting, dan programming, analisis strength, weakness, opportunity, threat, serta melakukan monitoring terhadap lagu, pendengar, dan kompetitor. Swaragama FM menggunakan metode day parting dan countering untuk mengantisipasi pindahnya pendengar ke channel lain, sedangkan Prambors FM Yogyakarta hanya menggunakan day parting saja.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectRadio, Eksistensi, Pendengar, Lokal, Jaringanen_US
dc.titleSTRATEGI PROGRAMMING RADIO LOKAL DAN RADIO JARINGAN DI YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI JUMLAH PENDENGARen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 234en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record