dc.contributor.advisor | MADJID, ABD | |
dc.contributor.author | WIDYASTUTI, ANISA WAHYU | |
dc.date.accessioned | 2018-10-05T06:26:12Z | |
dc.date.available | 2018-10-05T06:26:12Z | |
dc.date.issued | 2018-05-16 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21758 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan minat belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (2) mendeskripsikan gaya belajar VAK Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (3) mendeskripsikan prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (4) menguji pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (5) menguji pengaruh gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswaSMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; dan (6) menguji minat belajar dan gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar siswaSMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini yaitu SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.Populasi berjumlah 188 siswadan sampel92 siswa. Uji data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji data, uji asumsi, menyusun model regresi berganda, dan uji hipotesis.
Simpulan pada penelitian ini yaitu (1)minat belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta2,90 [siswa tidak berpendapat], penilaian tertinggi 4,13 [setuju atau menilai baik]dan paling rendah 1,15 [sangat tidak setuju atau jelek]. Standar deviasi penilaian 0,46205;(2) gaya belajar VAK Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta 2,771 [tidak berpendapat atau sedang], nilai tertinggi 4,02 [setuju atau baik] dan nilai terendah 1,59 [sangat tidak setuju atau jelek].Standar deviasinya 0,5056;(3) Prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta82,04 dengan nilai minimum 74,50 dan nilai maksimum 90,50. Standar deviasi 3,70. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat nilai dibawah rerata yang jaraknya jauhdan tingkat variasi nilainya cukup tinggi yaitu sebesar standar deviasi 3,70;(4) Minat belajar terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakartamemiliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kemuhammadiyahan. Tingkat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar positif sebesar koefisien 0,449. Maka upaya meningkatkan prestasi belajar dapat melalui peningkatan minat belajar; (5)pengaruh gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sebesar 0,279; (6) Secara simultanterdapat pengaruh minat belajar dan gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakartasebesar 18,9%, sedangkan pengaruh faktor lainnya 81,1%. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan minat belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (2) mendeskripsikan gaya belajar VAK Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (3) mendeskripsikan prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (4) menguji pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (5) menguji pengaruh gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswaSMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; dan (6) menguji minat belajar dan gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar siswaSMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini yaitu SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.Populasi berjumlah 188 siswadan sampel92 siswa. Uji data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji data, uji asumsi, menyusun model regresi berganda, dan uji hipotesis.
Simpulan pada penelitian ini yaitu (1)minat belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta2,90 [siswa tidak berpendapat], penilaian tertinggi 4,13 [setuju atau menilai baik]dan paling rendah 1,15 [sangat tidak setuju atau jelek]. Standar deviasi penilaian 0,46205;(2) gaya belajar VAK Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta 2,771 [tidak berpendapat atau sedang], nilai tertinggi 4,02 [setuju atau baik] dan nilai terendah 1,59 [sangat tidak setuju atau jelek].Standar deviasinya 0,5056;(3) Prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta82,04 dengan nilai minimum 74,50 dan nilai maksimum 90,50. Standar deviasi 3,70. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat nilai dibawah rerata yang jaraknya jauhdan tingkat variasi nilainya cukup tinggi yaitu sebesar standar deviasi 3,70;(4) Minat belajar terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakartamemiliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kemuhammadiyahan. Tingkat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar positif sebesar koefisien 0,449. Maka upaya meningkatkan prestasi belajar dapat melalui peningkatan minat belajar; (5)pengaruh gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sebesar 0,279; (6) Secara simultanterdapat pengaruh minat belajar dan gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakartasebesar 18,9%, sedangkan pengaruh faktor lainnya 81,1%. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Prestasi Belajar, Minat Belajar, Gaya Belajar VAK | en_US |
dc.title | HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR VAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEMUHAMMADIYAHAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
044 | en_US |