View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PERANAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AL-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TERHADAP MINAT BELAJAR AL-QUR’AN DI TPA AL-IKHSAN PATUKAN GAMPING SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (110.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.141Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (256.5Kb)
      ABSTRAK (104.8Kb)
      BAB I (140.3Kb)
      BAB II (703.3Kb)
      BAB III (534.0Kb)
      BAB IV (1.896Mb)
      BAB V (206.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (208.9Kb)
      LAMPIRAN (4.017Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.307Mb)
      Date
      2018-08-31
      Author
      HANAFI, RIKI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendiskripsikan peranan orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an pada santri di TPA Al-Ikhsan Patukan, 2) motivasi belajar anak di TPA Al-Ikhsan, 3)minat belajar Al-Qur’an pada santri di TPA Al-Ikhsan, 4) menganalisis pengaruh peran orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an terhadap minat belajar Al-Qur’an, 5) pengaruh motivasi belajar anak terhadap minat belajar Al-Qur’an, 6) pengaruh peran orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an dan motivasi belajar anak terhadap minat belajar Al-Qur’an di TPA Al-Ikhsan Patukan. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan model korelasional pendekatan kuantitatif. Subyek pada penelitian ini diambil seluruh santri TPA Al-Ikhsan sebanyak 60 anak. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1) peran orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an di TPA Al-Ikhsan berada pada kategori baik sebesar 46%. 2) motivasi belajar anak di TPA Al-Ikhsan tergolong sedang yaitu 55%. 3) minat belajar Al-Qur’an pada santri TPA Al-Ikhsan tergolong sedang sebesar 60%. 4) terdapat pengaruh 33,4% antara variabel peran orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an terhadap minat belajar Al-Qur’an. 5) terdapat pengaruh 43% antara variabel motivasi belajar anak terhadap minat belajar Al-Qur’an. 6) terdapat pengaruh yang positif variabel peran orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an dan motivasi belajar anak terhadap minat belajar Al-Qur’an yakni sebesar 50,4%, sisanya 49,6% dipengaruhi faktor lain.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22512
      Collections
      • Department of Economics and Islamic Banking

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV