PENGARUH PERANAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AL-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TERHADAP MINAT BELAJAR AL-QUR’AN DI TPA AL-IKHSAN PATUKAN GAMPING SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendiskripsikan peranan orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an pada santri di TPA Al-Ikhsan Patukan, 2) motivasi belajar anak di TPA Al-Ikhsan, 3)minat belajar Al-Qur’an pada santri di TPA Al-Ikhsan, 4) menganalisis pengaruh peran orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an terhadap minat belajar Al-Qur’an, 5) pengaruh motivasi belajar anak terhadap minat belajar Al-Qur’an, 6) pengaruh peran orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an dan motivasi belajar anak terhadap minat belajar Al-Qur’an di TPA Al-Ikhsan Patukan.
Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan model korelasional pendekatan kuantitatif. Subyek pada penelitian ini diambil seluruh santri TPA Al-Ikhsan sebanyak 60 anak. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1) peran orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an di TPA Al-Ikhsan berada pada kategori baik sebesar 46%. 2) motivasi belajar anak di TPA Al-Ikhsan tergolong sedang yaitu 55%. 3) minat belajar Al-Qur’an pada santri TPA Al-Ikhsan tergolong sedang sebesar 60%. 4) terdapat pengaruh 33,4% antara variabel peran orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an terhadap minat belajar Al-Qur’an. 5) terdapat pengaruh 43% antara variabel motivasi belajar anak terhadap minat belajar Al-Qur’an. 6) terdapat pengaruh yang positif variabel peran orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an dan motivasi belajar anak terhadap minat belajar Al-Qur’an yakni sebesar 50,4%, sisanya 49,6% dipengaruhi faktor lain.