View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR VAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEMUHAMMADIYAHAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (45.46Kb)
      BAB I (145.2Kb)
      BAB II (200.4Kb)
      BAB III (249.4Kb)
      BAB IV (494.8Kb)
      BAB V (87.29Kb)
      COVER (67.27Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (427.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (752.3Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (252.4Kb)
      LAMPIRAN (977.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (607.6Kb)
      Date
      2018-05-16
      Author
      WIDYASTUTI, ANISA WAHYU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan minat belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (2) mendeskripsikan gaya belajar VAK Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (3) mendeskripsikan prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (4) menguji pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (5) menguji pengaruh gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswaSMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; dan (6) menguji minat belajar dan gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar siswaSMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini yaitu SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.Populasi berjumlah 188 siswadan sampel92 siswa. Uji data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji data, uji asumsi, menyusun model regresi berganda, dan uji hipotesis. Simpulan pada penelitian ini yaitu (1)minat belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta2,90 [siswa tidak berpendapat], penilaian tertinggi 4,13 [setuju atau menilai baik]dan paling rendah 1,15 [sangat tidak setuju atau jelek]. Standar deviasi penilaian 0,46205;(2) gaya belajar VAK Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta 2,771 [tidak berpendapat atau sedang], nilai tertinggi 4,02 [setuju atau baik] dan nilai terendah 1,59 [sangat tidak setuju atau jelek].Standar deviasinya 0,5056;(3) Prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta82,04 dengan nilai minimum 74,50 dan nilai maksimum 90,50. Standar deviasi 3,70. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat nilai dibawah rerata yang jaraknya jauhdan tingkat variasi nilainya cukup tinggi yaitu sebesar standar deviasi 3,70;(4) Minat belajar terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakartamemiliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kemuhammadiyahan. Tingkat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar positif sebesar koefisien 0,449. Maka upaya meningkatkan prestasi belajar dapat melalui peningkatan minat belajar; (5)pengaruh gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sebesar 0,279; (6) Secara simultanterdapat pengaruh minat belajar dan gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakartasebesar 18,9%, sedangkan pengaruh faktor lainnya 81,1%.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21758
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      Related items

      Showing items related by title, author, creator and subject.

      • PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU, DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR (KASUS PADA SISWI KELAS XII MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) 

        BUDIYANTO, WAWAN (PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2012-07-19)
        Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh motivasi belajar, persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah ...
      • HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SURONATAN TAHUN AJARAN 2018/2019 

        YUNISA, AULIA (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)
        Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Suronatan dengan tujuan : (1) mendeskripsikan pola asuh otoriter orang tua; (2) mengetahui disiplin belajar; (3) mengetahui prestasi belajar akademik; (4) membuktikan hubungan ...
      • PENGARUH PERANAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AL-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TERHADAP MINAT BELAJAR AL-QUR’AN DI TPA AL-IKHSAN PATUKAN GAMPING SLEMAN 

        HANAFI, RIKI (FAKULTAS AGAMA ISLAM, 2018-08-31)
        Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendiskripsikan peranan orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an pada santri di TPA Al-Ikhsan Patukan, 2) motivasi belajar anak di TPA Al-Ikhsan, 3)minat belajar Al-Qur’an pada santri di TPA ...

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV