Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUSUF A
dc.contributor.authorHANDOKO, ANWAR
dc.date.accessioned2018-10-05T06:31:18Z
dc.date.available2018-10-05T06:31:18Z
dc.date.issued2018-05-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21759
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat, faktor penghambat dan pendukung strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat serta untuk mengetahui dampak yang dihasilkan dari strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) di SMP Muhammadiyah Srandakan, Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi data. Teknik anaisis data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi dalam membina karakter peserta didik dapat dilakukan melalui berbagai cara yaitu melalui keteladanan, penegakkan kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana kondusif, integrasi dan internasilisasi, dan pengawasan. (2) faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung dalam pembinaan karakter peserta didik adalah ajaran agama, kebiasaan atau adat, dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya melakukan pengawasan, kurangnya kesadaran peserta didik, dan kurangnya sarana dan prasarana. (3) dampak dari implementasi adalah meningkatnya sikap religius, disiplin, tanggungjawab, gemar membaca, mandiri, jujur, nasionalis, dan memiliki sikap sosial.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat, faktor penghambat dan pendukung strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat serta untuk mengetahui dampak yang dihasilkan dari strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) di SMP Muhammadiyah Srandakan, Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi data. Teknik anaisis data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi dalam membina karakter peserta didik dapat dilakukan melalui berbagai cara yaitu melalui keteladanan, penegakkan kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana kondusif, integrasi dan internasilisasi, dan pengawasan. (2) faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung dalam pembinaan karakter peserta didik adalah ajaran agama, kebiasaan atau adat, dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya melakukan pengawasan, kurangnya kesadaran peserta didik, dan kurangnya sarana dan prasarana. (3) dampak dari implementasi adalah meningkatnya sikap religius, disiplin, tanggungjawab, gemar membaca, mandiri, jujur, nasionalis, dan memiliki sikap sosial.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectstrategi, pembinaan karakter, budaya salaten_US
dc.titleSTRATEGI PEMBINAAN KARKTER PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA SALAT DI SMP MUHAMMADIYAH SRANDAKAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 144en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record