STRATEGI PEMBINAAN KARKTER PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA SALAT DI SMP MUHAMMADIYAH SRANDAKAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat, faktor penghambat dan pendukung strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat serta untuk mengetahui dampak yang dihasilkan dari strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat.
Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) di SMP Muhammadiyah Srandakan, Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi data. Teknik anaisis data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi dalam membina karakter peserta didik dapat dilakukan melalui berbagai cara yaitu melalui keteladanan, penegakkan kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana kondusif, integrasi dan internasilisasi, dan pengawasan. (2) faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung dalam pembinaan karakter peserta didik adalah ajaran agama, kebiasaan atau adat, dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya melakukan pengawasan, kurangnya kesadaran peserta didik, dan kurangnya sarana dan prasarana. (3) dampak dari implementasi adalah meningkatnya sikap religius, disiplin, tanggungjawab, gemar membaca, mandiri, jujur, nasionalis, dan memiliki sikap sosial.