View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PEMBINAAN KARKTER PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA SALAT DI SMP MUHAMMADIYAH SRANDAKAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (60.06Kb)
      HALAMAN JUDUL (422.5Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (259.2Kb)
      ABSTRAK (178.0Kb)
      BAB I (204.1Kb)
      BAB II (348.4Kb)
      BAB III (102.4Kb)
      BAB IV (352.3Kb)
      BAB V (125.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (301.7Kb)
      LAMPIRAN (949.1Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (506.1Kb)
      Date
      2018-05-15
      Author
      HANDOKO, ANWAR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat, faktor penghambat dan pendukung strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat serta untuk mengetahui dampak yang dihasilkan dari strategi guru dalam membina karakter peserta didik melalui budaya salat. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) di SMP Muhammadiyah Srandakan, Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi data. Teknik anaisis data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi dalam membina karakter peserta didik dapat dilakukan melalui berbagai cara yaitu melalui keteladanan, penegakkan kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana kondusif, integrasi dan internasilisasi, dan pengawasan. (2) faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung dalam pembinaan karakter peserta didik adalah ajaran agama, kebiasaan atau adat, dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya melakukan pengawasan, kurangnya kesadaran peserta didik, dan kurangnya sarana dan prasarana. (3) dampak dari implementasi adalah meningkatnya sikap religius, disiplin, tanggungjawab, gemar membaca, mandiri, jujur, nasionalis, dan memiliki sikap sosial.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21759
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV