View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PENGHIMPUNAN DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT, INFAQ, SHADAQAH DAN WAKAF DI BAITUL MAAL WA TANWIL KOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PADA BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (62.67Kb)
      HALAMAN JUDUL (748.1Kb)
      ABSTRAK (147.4Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (535.0Kb)
      BAB I (619.1Kb)
      BAB II (913.7Kb)
      BAB III (324.7Kb)
      BAB IV (796.6Kb)
      BAB V (254.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (376.7Kb)
      LAMPIRAN (1.344Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (907.9Kb)
      Date
      2018-04-10
      Author
      HANURITA, YAN IKO
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penghimpunan dan pendistribusian zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf di BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan purposive sampling: pertama, sampel dengan pertimbangan tertentu dan tujuan tertentu. Kedua, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi serta wawancara. Adapun responden dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Responden tersebut diantaranya 3 staff baitul maal BMT Bina Ihsanul Fikri, 1 orang muzakki, dan 2 orang mustahiq. Untuk mengamati kegiatan penghimpunan dan pendistribusian zakat, infaq, shadaqah dan wakaf di BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta melalui observasi, sedangkan dokumentasi sebagai pendukung dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di lapangan. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penghimpunan zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf di BMT Bina Ihsanul Fikri meliputi dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal menghimpun dana dari direktur, manajer, karyawan, dan anggota. Sedangkan faktor eksternal menghimpun dana melalui masyarakat sekitar, masyarakat muhammadiyah, dan masyarakat umum melalui kotak infaq, pengajian kelompok dan pengajian penggalangan dana, brosur, spanduk, media sosial meliputi facebook, instagram, dan website, serta proposal untuk mencari donatur. Strategi dalam pendistribusian zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf BMT Bina Ihsanul Fikri meliputi enam bidang, yaitu bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang sosial dan keagamaan, bidang sosial dan kemanusiaan, wakaf tunai dan wakaf uang.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21761
      Collections
      • Department of Economics and Islamic Banking

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV