Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorUTAMI, MULYA
dc.date.accessioned2018-10-06T07:20:00Z
dc.date.available2018-10-06T07:20:00Z
dc.date.issued2018-05-23
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21833
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perencanaan pembelajaran menggunakan metode iqro’ dilengkapi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah siswa tunagrahita; (2) proses pembeajaran menggunakan metode iqro’ dilengkapi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah siswa tunagrahita; (3) evaluasi pembelajaran menggunakan menggunakan metode iqro’ dilengkapi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah siswa tunagrahita. Subjek pada penelitian ini adalah guru pengampu pembelajaran Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan meotde observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru Pendidikan Agama Islam di SLB Muhammadiyah Gamping tidak sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan dan tidak dituliskan secara spesifik tentang pembelajaran membaca huruf hijaiyyah menggunakan metode iqro’ dilengkapi metode drill. (2) proses pembelajaran membaca huruf hijaiyyah metode yang digunakan adalah metode iqro’ dilengkapi metode drill, meteri yang diberikan mengacu pada buku panduan iqro’ sesuai kemampuan siswa, media pembelajaran yang digunakan video dan kartu huruf hijaiyyah. (3) evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyyah menggunakan metode iqro’ dilengkapi metode driil adalah tes lisan dan tulis. Hasil belajar siswa tunagrahita berupa kemampuan membaca huruf hijaiyyah terdiri dari siswa yang belum maksimal hingga mencapai setengah dari presentase target yang telah ditetapkan dan hasil belajar siswa dalam satu semester dituliskan di dalam laporan hasil belajar siswa atau rapor.en_US
dc.description.abstractThis study aims to investigate; (1) the planning of teaching hijaiyyah/Arabic letters using iqra’ and drill method to increase the ability of students with mental retardation to read Arabic texts; (2) the process of teaching Arabic letters using iqra’ and drill method to increase the ability of students with mental retardation to read Arabic texts; (3) evaluation of teaching Arabic letters using iqra’ and drill method to increase the ability of children with mental retardation to read Arabic texts. The subject of this study teachers who teach Islamic Religious Education. This study is a qualitative descriptive research, with data collection methods including, observation, interview, and documentation. The collected data then analysed with method that consists of data reduction, data display, and drawing conclusion. The result of this study reveals that, (1) the teaching planning carried out by the teachers in SLB (School for students with special needs) Muhammadiyah Gamping is not in line with the curriculum, there is no written explanation that specifically state that they employ iqra’ and drill methods. (2) In its implementation, the teachers teach Arabic letter using iqra’ and drill methods and the materials that are taught are based on Iqra’ instruction book in accordance with the students’ ability to comprehend the materials. Media of learning are educational videos and Arabic letters cards. (3) the methods employed in evaluating the students’ learning achievement are oral and written tests. The learning achievement of the students with mental retardation range from not satisfying to reaching less than half of the target. The learning achievement is written in a school report books.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectquality of teaching, Iqro’, Drill method, hijaiyyah letters, mental retardatioen_US
dc.titleKUALITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE IQRO’ DILENGKAPI METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH SISWA TUNAGRAHITA DI SLB MUHAMMADIYAH GAMPING SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 160en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record