Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABD.
dc.contributor.authorROHMADONI, VETI NIA
dc.date.accessioned2018-10-09T03:35:06Z
dc.date.available2018-10-09T03:35:06Z
dc.date.issued2018-04-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21924
dc.descriptionPeneliti mencoba menerapkan penggunaan media kartu huruf dalam mengajar membaca huruf hijaiyah pada santri usia dini dan melihat seberapa besar pengaruhnya jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa bantuan media kartu huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) kemampuan membaca huruf hijaiyah santri TPA Nurul Hidayah 2) kemampuan membaca huruf hijaiyah santri TPA Kauman, 3) pegaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah santri TPA Nurul Hidayah, 4) pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TPA Nurul Hidayah dibandingkan dengan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TPA Kauman Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan menggunakan nonequivalent control group design pendekatan kuantitatif. Jumlah sample 10 orang untuk kelompok kontrol dan 10 orang untuk kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, tes dan wawancara. Tekhnik analisis data uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat dan uji hipotesis digunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan membaca huruf hijaiayah santri TPA Nurul Hidayah tergolong katagori sedang dilihat dari nilai rata - rata posttest sebesar 10,50, 2) Kemampuan membaca huruf hijaiyah santri TPA Kauman tergolong sedang dilihat dari nilai rata - rata posttest sebesar 8,60, 3) Terdapat pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TPA Nurul Hidayah yang dibuktikan dengan Uji Paired Sample T Test dan medapatkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05, serta mengalami kenaikan rata – rata kemampuan membaca huruf hijaiyah sebesar 4,40. 4) Terdapat pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TPA Nurul Hidayah dibandingkan dengan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TPA Kauman yang dibuktikan dengan Uji Independent Sample T Test dan mendapatkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05, serta kemampuan membaca pada santri TPA Nurul Hidayah dilihat dari skor pretest - posttest mengalami kenaikan lebih besar dari rata – rata kemampuan membaca santri TPA Kauman. Kesimpulannya penggunaan media kartu huruf berpengaruh terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini.en_US
dc.description.abstractPeneliti mencoba menerapkan penggunaan media kartu huruf dalam mengajar membaca huruf hijaiyah pada santri usia dini dan melihat seberapa besar pengaruhnya jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa bantuan media kartu huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) kemampuan membaca huruf hijaiyah santri TPA Nurul Hidayah 2) kemampuan membaca huruf hijaiyah santri TPA Kauman, 3) pegaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah santri TPA Nurul Hidayah, 4) pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TPA Nurul Hidayah dibandingkan dengan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TPA Kauman Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan menggunakan nonequivalent control group design pendekatan kuantitatif. Jumlah sample 10 orang untuk kelompok kontrol dan 10 orang untuk kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, tes dan wawancara. Tekhnik analisis data uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat dan uji hipotesis digunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan membaca huruf hijaiayah santri TPA Nurul Hidayah tergolong katagori sedang dilihat dari nilai rata - rata posttest sebesar 10,50, 2) Kemampuan membaca huruf hijaiyah santri TPA Kauman tergolong sedang dilihat dari nilai rata - rata posttest sebesar 8,60, 3) Terdapat pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TPA Nurul Hidayah yang dibuktikan dengan Uji Paired Sample T Test dan medapatkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05, serta mengalami kenaikan rata – rata kemampuan membaca huruf hijaiyah sebesar 4,40. 4) Terdapat pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TPA Nurul Hidayah dibandingkan dengan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di TPA Kauman yang dibuktikan dengan Uji Independent Sample T Test dan mendapatkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05, serta kemampuan membaca pada santri TPA Nurul Hidayah dilihat dari skor pretest - posttest mengalami kenaikan lebih besar dari rata – rata kemampuan membaca santri TPA Kauman. Kesimpulannya penggunaan media kartu huruf berpengaruh terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectMedia kartu huruf, kemampuan membaca, huruf hijaiyahen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TPA NURUL HIDAYAH DAN KAUMAN DUSUN SERPENG PACAREJO SEMANU GUNUNGKIDUL)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 084en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record