dc.contributor.advisor | AZHAR, MUHAMMAD | |
dc.contributor.author | WICAKSONO, ADIK YUSUF | |
dc.date.accessioned | 2018-10-10T03:39:07Z | |
dc.date.available | 2018-10-10T03:39:07Z | |
dc.date.issued | 2018-02-11 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22019 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter-karakter yang harus dimiliki oleh pendidik berdasarkan buku Beginilah Seharusnya Menjadi Guru Karya Fu’ad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub dan strategi penerapannya.
Penelitian ini termasuk kualitatif dengan pendekatan penelitian kajian pustaka (library riset). Peneliti menggunakan metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan data yang sudah tersedia dalam bentuk tulisan atau catatan dokumen, baik berupa data primer maupun data sekunder. Sementara itu,untuk analisis data peneliti menggunakan tehnik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini adalah bahwa pendidik adalah seorang teladan bagi peserta didiknya. Keteladanan menjadi pintu awal untuk penerimaan ilmu para siswanya. Sehingga pendidik perlu mencermati karakternya. Karakter-karakter yang disebutkan oleh Fu’ad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub di antaranya; mengikhlaskan ilmu untuk Allah, jujur, serasi antara ucapan dan perbuatan, bersikap adil dan tidak berat sebelah, berakhlak mulia dan terpuji, tawadhu’, pemberani, bercanda bersama peserta didik, sabar dan menahan marah, menghindari perkataan keji dan tidak pantas, dan berkonsultasi dengan orang lain.
Karakter ini tidak cukup hanya jadi ilmu pengetahuan, tetapi perlu diamalkan. Ada beberapa strategi penerapan karakter tersebut, yaitu seorang pendidik hendaknya meningkatkan keyakinan kepada Allah dan hal-hal ghaib lainnya, seorang pendidik tidak boleh berhenti belajar, seorang pendidik hendaknya mengamalkan ilmu yang dipelajarinya dan seorang pendidik hendaknya merasa bahwa dirinya ada yang mengawasi, baik yang tampak mata maupun yang kasat mata. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter-karakter yang harus dimiliki oleh pendidik berdasarkan buku Beginilah Seharusnya Menjadi Guru Karya Fu’ad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub dan strategi penerapannya.
Penelitian ini termasuk kualitatif dengan pendekatan penelitian kajian pustaka (library riset). Peneliti menggunakan metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan data yang sudah tersedia dalam bentuk tulisan atau catatan dokumen, baik berupa data primer maupun data sekunder. Sementara itu,untuk analisis data peneliti menggunakan tehnik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini adalah bahwa pendidik adalah seorang teladan bagi peserta didiknya. Keteladanan menjadi pintu awal untuk penerimaan ilmu para siswanya. Sehingga pendidik perlu mencermati karakternya. Karakter-karakter yang disebutkan oleh Fu’ad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub di antaranya; mengikhlaskan ilmu untuk Allah, jujur, serasi antara ucapan dan perbuatan, bersikap adil dan tidak berat sebelah, berakhlak mulia dan terpuji, tawadhu’, pemberani, bercanda bersama peserta didik, sabar dan menahan marah, menghindari perkataan keji dan tidak pantas, dan berkonsultasi dengan orang lain.
Karakter ini tidak cukup hanya jadi ilmu pengetahuan, tetapi perlu diamalkan. Ada beberapa strategi penerapan karakter tersebut, yaitu seorang pendidik hendaknya meningkatkan keyakinan kepada Allah dan hal-hal ghaib lainnya, seorang pendidik tidak boleh berhenti belajar, seorang pendidik hendaknya mengamalkan ilmu yang dipelajarinya dan seorang pendidik hendaknya merasa bahwa dirinya ada yang mengawasi, baik yang tampak mata maupun yang kasat mata. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | karakter, pendidik, karakter pendidik sukses | en_US |
dc.title | KARAKTER PENDIDIK SUKSES DALAM BUKU BEGINILAH SEHARUSNYA MENJADI GURU KARYA FU’AD BIN ABDUL AZIZ ASY-SYALHUB | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
161 | en_US |