View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KARAKTER PENDIDIK SUKSES DALAM BUKU BEGINILAH SEHARUSNYA MENJADI GURU KARYA FU’AD BIN ABDUL AZIZ ASY-SYALHUB

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (212.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.085Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (216.7Kb)
      ABSTRAK (198.2Kb)
      BAB I (218.8Kb)
      BAB II (432.8Kb)
      BAB III (202.9Kb)
      BAB IV (618.1Kb)
      BAB V (276.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (168.4Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (582.8Kb)
      Date
      2018-02-11
      Author
      WICAKSONO, ADIK YUSUF
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter-karakter yang harus dimiliki oleh pendidik berdasarkan buku Beginilah Seharusnya Menjadi Guru Karya Fu’ad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub dan strategi penerapannya. Penelitian ini termasuk kualitatif dengan pendekatan penelitian kajian pustaka (library riset). Peneliti menggunakan metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan data yang sudah tersedia dalam bentuk tulisan atau catatan dokumen, baik berupa data primer maupun data sekunder. Sementara itu,untuk analisis data peneliti menggunakan tehnik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah bahwa pendidik adalah seorang teladan bagi peserta didiknya. Keteladanan menjadi pintu awal untuk penerimaan ilmu para siswanya. Sehingga pendidik perlu mencermati karakternya. Karakter-karakter yang disebutkan oleh Fu’ad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub di antaranya; mengikhlaskan ilmu untuk Allah, jujur, serasi antara ucapan dan perbuatan, bersikap adil dan tidak berat sebelah, berakhlak mulia dan terpuji, tawadhu’, pemberani, bercanda bersama peserta didik, sabar dan menahan marah, menghindari perkataan keji dan tidak pantas, dan berkonsultasi dengan orang lain. Karakter ini tidak cukup hanya jadi ilmu pengetahuan, tetapi perlu diamalkan. Ada beberapa strategi penerapan karakter tersebut, yaitu seorang pendidik hendaknya meningkatkan keyakinan kepada Allah dan hal-hal ghaib lainnya, seorang pendidik tidak boleh berhenti belajar, seorang pendidik hendaknya mengamalkan ilmu yang dipelajarinya dan seorang pendidik hendaknya merasa bahwa dirinya ada yang mengawasi, baik yang tampak mata maupun yang kasat mata.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22019
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV