Show simple item record

dc.contributor.advisorNURWANTO, NURWANTO
dc.contributor.authorISTIQOMAH, ISTIQOMAH
dc.date.accessioned2018-10-15T01:32:31Z
dc.date.available2018-10-15T01:32:31Z
dc.date.issued2017-12-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22069
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh antara latar belakang pendidikab dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 3 Cikarang Pusat, tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi sebab-akibat. Pendekatan yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) angket, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Latar belakang pendidikan orang tua yang ada di SMPN 3 Cikarang Pusat masih terbilang rendah, yaitu dengan data sebanyak 19 orang tua berlatar belakang pendidikan SD, 14 orang tua belatar belakang pendidikan SMP, dan 7 Orang Tua berlatar belakang pendidikan SMA, (2) pola asuh orang tua terhadap anaknya di SMPN 3 Cikarang Pusat termasuk dalam kategori sedang, yaitu dengan responden 30 siswa dengan presentase sebanyak 73%, (3) Pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 3 Cikarang Pusat termasuk dalam kategori sedang, yang mana jumlah responden sebanyak 41 berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 15 siswa dengan perolehan prosentase sebesar 37%, dan (4) Pengolahan data berdasarkan tabel 4.15 yang menunjukkan signifiknasi sebesar 0,002 yang berarti bahwa lebih kecil dari 0,005, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 3 Cikarang Pusat tahun 2017/2018.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh antara latar belakang pendidikab dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 3 Cikarang Pusat, tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi sebab-akibat. Pendekatan yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) angket, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Latar belakang pendidikan orang tua yang ada di SMPN 3 Cikarang Pusat masih terbilang rendah, yaitu dengan data sebanyak 19 orang tua berlatar belakang pendidikan SD, 14 orang tua belatar belakang pendidikan SMP, dan 7 Orang Tua berlatar belakang pendidikan SMA, (2) pola asuh orang tua terhadap anaknya di SMPN 3 Cikarang Pusat termasuk dalam kategori sedang, yaitu dengan responden 30 siswa dengan presentase sebanyak 73%, (3) Pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 3 Cikarang Pusat termasuk dalam kategori sedang, yang mana jumlah responden sebanyak 41 berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 15 siswa dengan perolehan prosentase sebesar 37%, dan (4) Pengolahan data berdasarkan tabel 4.15 yang menunjukkan signifiknasi sebesar 0,002 yang berarti bahwa lebih kecil dari 0,005, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 3 Cikarang Pusat tahun 2017/2018.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectLatar Belakang Pendidikan, Orang Tua, Pola Asuh, Prestasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 3 CIKARANG PUSAT TAHUN AJARAN 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record