dc.contributor.advisor | NURCAHYADI, TEDDY | |
dc.contributor.author | SURYANTO, ANGGI | |
dc.date.accessioned | 2018-10-16T06:13:01Z | |
dc.date.available | 2018-10-16T06:13:01Z | |
dc.date.issued | 2018-07-09 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22144 | |
dc.description | Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan CDI
racing, koil racing dan busi racing terhadap unjuk kerja mesin pada sepeda motor
standar Yamaha Jupiter Z 110 cc. Penggunaan CDI racing, koil racing dan busi
racing pada sepeda motor standar merupakan salah satu cara agar mendapatkan
pengapian yang lebih baik sehingga diharapkan terjadi pembakaran yang
sempurna di ruang bakar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan daya,
torsi dan konsumsi bahan bakar spesifik pada sepeda motor pengapian standar
dengan sepeda motor yang menggunakan CDI racing, koil racing dan busi racing.
Pengujian daya dan torsi dilakukan di bengkel Mototech menggunakan
metode gas spontan mulai dari 4000 rpm sampai 10500 rpm. Tahapan dalam gas
spontan ini pertama-tama motor dihidupkan kemudian dimasukkan perseneling 1
sampai 3, kemudian gas distabilkan pada posisi 4000 rpm setelah stabil pada
posisi 4000 rpm, secara spontan gas ditarik sampai pada posisi 10500 rpm
sebanyak 5 kali setiap variasi. Sedangkan pengujian konsumsi bahan bakar
dilakukan di Stadion Sultan Agung menggunakan metode pengumpulan data
dengan cara mengukur menggunakan buret setelah sepeda motor berjalan sejauh 4
km dengan kecepatan 40 km/jam agar diketahui bahan bakar yang dikonsumsi.
Pada pungujian daya dan torsi, daya tertinggi pada variasi CDI Rextor –
Koil YZ – busi standarsebesar 8,83 HP pada 7562 rpm sedangkan torsi maksimal
pada variasi CDI Rextor – Koil YZ – busi iridium yaitu sebesar 12,31 N.m pada
4510 rpm. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar paling boros pada variasi CDI
standar - Koil standar - Busi standar yaitu 56,3 km/liter sedangkan paling irit pada
variasi CDI Rextor - Koil standar - Busi iridium yaitu sebesar 63,49 km/liter.
Sehingga penggunakan CDI Rextor, koil YZ, dan busi iridium lebih maksimal
dibandingkan CDI, koil dan busi standar. | en_US |
dc.description.abstract | This study is to know the influence of using racing CDI, racing coil and
racing spark plugs on standard engine performance of Yamaha Jupiter Z 110 cc
motorcycles. The use of racing CDI, racing coil and racing spark plugs on
standard motorcycle is one of the ways to get better ignition so it is expected to
get perfect combustion in the combustion chamber. It aims to know the ratio of
power, torque and specific fuel consumption on a standard ignition motorcycle
with a motorcycle that uses CDI racing, racing coil and racing spark plugs.
The power and torque tests is carried out at Mototech's workshop using
spontaneous gas methods starts from 4000 rpm to 10500 rpm. The step in this
spontaneous gas is turn on the motorcycle and insert 1 to 3 gears, then the gas is
stabilized on 4000 rpm, after stabilize at 4000 rpm, spontaneously the gas is
pulled up to 10500 rpm, 5 times each variation. While the fuel consumption test is
carried out at Sultan Agung Stadium using a buret method of collection data by
measuring a motorcycle runs as far as 4 km with a speed of 40 km / h so that the
consumption fuel is known.
In power and torque testing, the highest power is in the standard Rextor -
Koil YZ - standard spark plug with 8.83 HP at 7562 rpm, while the maximum
torque on CDI Rextor – YZ Coil - iridium spark plug is 12.31 N.m at 4510 rpm.
The most wasteful fuel consumption testing on variation of standard CDI -
standard spark plugs - standard spark plugs is 56.3 km / liter while the most
economical is on variation of Rextor CDI - standard coil - iridium spark plug with
63.49 km / liter. So that the use of the Rextor CDI, YZ coil, and iridium spark
plugs are more effective than standard CDIs, coils and spark plugs. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | CDI, koil, busi, daya, torsi, konsumsi bahan bakar. | en_US |
dc.title | PENGARUH JENIS BUSI, KOIL DAN CDI TERHADAP KINERJA SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z 110 CC DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTALITE | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
300 | en_US |