dc.contributor.author | PUSPITA SARI, TRI | |
dc.date.accessioned | 2018-10-24T02:33:32Z | |
dc.date.available | 2018-10-24T02:33:32Z | |
dc.date.issued | 2018-05-16 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22532 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program tahfidz Al-Qur’an juz 30 di MTs Muhammadiyah Wonosari, penilitian tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program tahfidz.
Penelitin ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data tersebut menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data tersebut menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh pada penelitian tersebut adalah (1) perencanaan yang dilakukan yang pertama dengan mengadakan rapat yang bertujuan untuk menghasilkan tujuan pembelajaran, kurikulum yang akan digunakan untuk program tahfidz, promosi untuk merekrut siswa yang akan mengikuti program tahfidz, pelaksanaan program tahfidz dan evaluasi program tahhfidz. Pada proses perencanaan sudah cukup baik (2) pelaksanaan program tahfidz dilaksanakan pada hari Selasa, Rabu, Jum’at, dan Sabtu dan dilaksanakan sekitar 30 menit dari jam 06.30-07.00 sebelum Kegiatan Belajar Mengajar dimulai. Metode yang digunakan binadlor, bil hifdzi, muraja’ah, dan sorogan. Pada pelaksaan dinilai sudah baik karena sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan. (3) evaluasi program tahfidz yang dilakukan mengunakan ujian akhir atau munaqasah. Siswa yang berhasil menghafal sampai An-Naba’ berhak untuk diwisuda. Pada program tahfidz siswa belum mencapai target hafalan di semester akhir, hanya ada beberapa yang mampu mencapai target. Oleh karena itu program tahfidz al-Qur’an di MTs Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul belum cukup berhasil dan perlu untuk ditingkatkan lagi. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to know the Al-Qur'an tahfidz program of juz 30 in MTs Muhammadiyah Wonosari, the research includes planning, implementation and evaluation of tahfidz program.
This research uses qualitative research with descriptive study case approach. The data collection technique uses observation, interview and documentation. The data analyze using data reduction, data presentation and conclusion.
The results obtained in the study are (1) the first planning conducted by holding a meeting aimed to produce learning objectives, curriculum that will be used for tahfidz program, promotion to recruit students who will participate in tahfidz program, tahfidz program implementation and tahhfidz program evaluation. In the planning process is good enough (2) tahfidz program implementation carried out on Tuesday, Wednesday, Friday, and Saturday and held about 30 minutes from 06:30 to 07:00, before the Teaching and Learning Activities started. The method used binadlor, bil hifdzi, muraja'ah, and sorogan. In the implementation is considered good because it is in accordance with the predefined curriculum. (3) evaluation of conducted tahfidz program using final examination or munaqasah. Students who successfully memorize until An-Naba 'is entitled to graduation. In the tahfidz program, students who have not reached the target of memorization in the last semester, there are only a few who are able to reach the target. Therefore, the tahfidz al-Qur'an program in MTs Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul is not quite successful and need to be improved. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM | en_US |
dc.subject | Implementation, tahfidz Al-Qur'an | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN JUZ 30 DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH WONOSARI GUNUNGKIDUL | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |