STRATEGI PROMOSI RINJANI TREKKER TOUR & TRAVEL MELALUI INSTAGRAM TAHUN 2017
Abstract
Lombok adalah salah satu destinasi wisata yang saat ini menjadi primadona
primadona untuk dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara, hal
ini dimanfaatkan pelaku bisnis dalam membangun sebuah usaha potensial di bidang
jasa wisata. Dalam pengembangannya para pelaku bisnis memanfaatkan media
online yaitu internet, untuk menjangkau konsumen mereka, tak terkecuali Rinjani
Trekker yang juga menyediakan jasanya sebagai Trekking Orgenizer (TO) yang
menghususkan diri memandu wisatawan untuk melakukan pendakian ke gunung
Rinjani dan melakukan promosinya menggunakan media sosial seperti Instagram.
Penelitian Ini menggunakan metode destkriptif kualitatif, pengumpulan data
diperoleh dari hasil dokumentasi, observasi dan wawancara kepada beberapa
narasumber. Analisa yang digunakan adalah triangulasi sumber.
Stratgei Promosi yang terdapat dalam penelitian ini terdiri dari perencanaan,
implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi
promosi menggunakan media sosial Instagram dengan memanfaatkan kontenkonten
informasi dan dokumentasi perjalanan (foto & video) konsumen berjalan
cukup efektif dalam meningkatkan jumlah konsumen. Pihak Rinjani Trekker dalam
media sosial Instagramnya hingga saat ini selalu aktif dalam memberikan kontenkonten
menarik untuk dapat menarik perhatian para konsumennya, selain itu pihak
Rinjani Trkker perlu melakukan penambahan jumlah SDM yang khusus bertugas
untuk memproduksi foto ataupun video dan melakukan evaluasi yang lebih
mendalam lagi terhadap proses promosi yang dilakukan, sehingga nantinya dapat
menciptakan konten-konten yang lebih baik lagi.