dc.contributor.advisor | NURCAHYADI, TEDDY | |
dc.contributor.advisor | SANTOSA, TITO HADJI AGUNG | |
dc.contributor.author | ARIYANTO, DEDY | |
dc.date.accessioned | 2018-10-25T01:57:23Z | |
dc.date.available | 2018-10-25T01:57:23Z | |
dc.date.issued | 2018-08-11 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22591 | |
dc.description | Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan CDI
Rextor, koil YZ dan busi iridium terhadap unjuk kerja mesin pada sepeda motor
standar Yamaha Jupiter Z 110 cc yang dinilai masyarakat mampu menghasilkan
pengapian yang baik. Penggunaan CDI Rextor, koil YZ dan busi iridium pada
sepeda motor standar untuk mendapatkan pengapian yang lebih baik sehingga
diharapkan terjadi pembakaran yang sempurna di ruang bakar. Hal ini bertujuan
untuk mengetahui perbandingan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar pada
sepeda motor pengapian standar dengan sepeda motor yang menggunakan CDI
racing, koil racing dan busi racing.
Pengujian percikan bunga api dilakukan di lab Teknik Mesin dengan cara
mengamati menggunakan kamera. Pengujian daya dan torsi dilakukan di bengkel
Mototech menggunakan alat dynamometer dengan putaran mesin mulai dari 4000
rpm sampai 10500 rpm di perseneling 3. Sedangkan pengujian suhu kerja mesin
dan konsumsi bahan bakar dilakukan di Stadion Sultan Agung menggunakan
metode pengumpulan data dengan cara mengukur menggunakan thermoreader
dan buret dengan jarak sejauh 4 km pada kecepatan 40 km/jam agar diketahui
bahan bakar yang dikonsumsi.
Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa daya tertinggi yang dihasilkan
oleh mesin pada variasi CDI Rextor – Koil YZ – busi iridium sebesar 8,6 HP pada
putaran mesin 7410 rpm sedangkan torsi maksimal dihasilkan pada variasi CDI
rextor – Koil standar – busi iridium yaitu sebesar 12,4 N.m pada putaran mesin
4414 rpm. Dari pengujian didapatkan perbandingan konsumsi bahan bakar paling
boros pada variasi CDI racing Koil racing Busi racing yaitu sebesar 55,17
km/liter sedangkan perbandingan konsumsi bahan bakar paling irit pada variasi
CDI racing Koil standar Busi racing yaitu sebesar 60,51 km/liter. | en_US |
dc.description.abstract | This research is done for knowing the use of Rextor CDI, YZ coil and
iridium spark plugs on engine performance on standard 110 cc Yamaha Jupiter Z
motorcycle that is assessed by public capable to produce good ignition. The use of
the Rextor CDI, YZ coil and iridium spark plug on standard motorbikes is to
achieve better ignition so a perfect combustion is expected in the combustion
chamber. It aims to determine the ratio of power, torque and fuel consumption on
a standard ignition motorcycle with a motorcycle that uses CDI racing, racing coil
and racing spark plugs.
Sparks testing is done in Mechanical Engineering laboratory by observing
using a camera. The testing of power and torque is done in Mototech's workshop
using a dynamometer with engine speed start from 4000 rpm to 10500 rpm in 3th
gear. While testing working temperature of engine and fuel consumption is done
on Sultan Agung Stadium using data collection methods by measuring with
thermoreader and buret with 4 km length at a speed of 40 km / h so the fuel
consumed is known.
The results of the experiment can be concluded as the highest power produced by
the engine is the Rextor CDI - YZ Coil - iridium spark plugs in the amount of 8.6
HP at 7410 rpm engine speed, while the maximum torque produces is on rextor
CDI - standard coil - iridium spark plug in the amount of 12.4 Nm at 4414 rpm
engine speed. According to the experiment obtained a ratio of the most wasteful
fuel consumption is on CDI racing oil racing Busi racing in the amount of 55.17
km / liter, while a ratio of the most economical fuel consumption is on CDI racing
standard Coil Spark Plug racing in the amout of 60.51 km / liter. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | CDI, coil, spark plug, power, torque, fuel consumption. | en_US |
dc.title | PENGARUH JENIS BUSI, KOIL DAN CDI TERHADAP KINERJA SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z 110 CC DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
342 | en_US |