Show simple item record

dc.contributor.authorSAEPUDDIN, APUNG
dc.date.accessioned2018-11-05T03:15:46Z
dc.date.available2018-11-05T03:15:46Z
dc.date.issued2018-11-10
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22841
dc.descriptionPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering dijumpai ketika pembelajaran berlangsung di dalam kelas, di antaranya; peserta didik tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran, kurang atensi terhadap materi pelajaran dengan baik, membuat kegaduhan dalam kelas, malas belajar, tidak fokus dalam belajar bahkan ketika ujian berlangsung pun mereka menjawab soal ujian asal-asalan. Hal itu dapat terjadi karena kurangnya daya konsentrasi peserta didik, sehingga ketika daya konsentarasi peserta didik menurun selama pembelajaran di kelas dapat berimplikasi pada menurunnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan bagaimana amalan dzikir yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Kabupaten Sleman. (2) mengembangkan dzikir yang meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Kabupaten Sleman. (3) Menganalisis pengaruh dzikir terhadap peningkatan konsentrasi siswa di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan yang bertempat di Bayen Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Independen Samples T-Test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan, dan path anlysis untuk mengetahui pengaruh dzikir melalui ketenangan jiwa terhadap konsentrasi belajar. Berdasarkan hasil analisis yang penulis lakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan: (1) amalan dzikir yang dilakukan siswa di sekolah baik sebelum shalat maupun sesudah shalat dluha dan dzuhur serta sebelum pembelajaran dimulai, mereka membaca dzikir subhānallāh, walhamdullillāh, wa lā ilāhaillallāh, wallāhu akbar dengan cara menundukan kepala dan memejamkan mata, dengan suara yang lirih sambil memahami artinya, hal ini dilakukan agar mereka bisa khusyu’dalam berdzikir. (2) keefektifan dzikir yang dilakukan oleh siswa di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi belajar. Hal tersebut dilihat dari hasil distribusi frekwensi dzikir untuk kelas eksperimen terdapat 25% dan konsentrasi belajar juga 25% yang mendapatkan kriteria sangat tinggi, sedangkan yang mendapatkan kriteria tinggi untuk pada distribusi frekwensi dzikir 72% dan hasil untuk konsentrasi belajar 67%. Selain itu terdapat perbedaan tingkat konsentrasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata konsentrasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 75,9118 dan dan kelas kontrol sebesar 65,5522. (3) hasil analisis dalam penelitian ini bahwa dzikir melalui ketengan jiwa mempunyai pengaruh terhadap konsentrasi belajar baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai pengaruh langsung sebesar 0,629 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,170.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering dijumpai ketika pembelajaran berlangsung di dalam kelas, di antaranya; peserta didik tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran, kurang atensi terhadap materi pelajaran dengan baik, membuat kegaduhan dalam kelas, malas belajar, tidak fokus dalam belajar bahkan ketika ujian berlangsung pun mereka menjawab soal ujian asal-asalan. Hal itu dapat terjadi karena kurangnya daya konsentrasi peserta didik, sehingga ketika daya konsentarasi peserta didik menurun selama pembelajaran di kelas dapat berimplikasi pada menurunnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan bagaimana amalan dzikir yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Kabupaten Sleman. (2) mengembangkan dzikir yang meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Kabupaten Sleman. (3) Menganalisis pengaruh dzikir terhadap peningkatan konsentrasi siswa di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan yang bertempat di Bayen Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Independen Samples T-Test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan, dan path anlysis untuk mengetahui pengaruh dzikir melalui ketenangan jiwa terhadap konsentrasi belajar. Berdasarkan hasil analisis yang penulis lakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan: (1) amalan dzikir yang dilakukan siswa di sekolah baik sebelum shalat maupun sesudah shalat dluha dan dzuhur serta sebelum pembelajaran dimulai, mereka membaca dzikir subhānallāh, walhamdullillāh, wa lā ilāhaillallāh, wallāhu akbar dengan cara menundukan kepala dan memejamkan mata, dengan suara yang lirih sambil memahami artinya, hal ini dilakukan agar mereka bisa khusyu’dalam berdzikir. (2) keefektifan dzikir yang dilakukan oleh siswa di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi belajar. Hal tersebut dilihat dari hasil distribusi frekwensi dzikir untuk kelas eksperimen terdapat 25% dan konsentrasi belajar juga 25% yang mendapatkan kriteria sangat tinggi, sedangkan yang mendapatkan kriteria tinggi untuk pada distribusi frekwensi dzikir 72% dan hasil untuk konsentrasi belajar 67%. Selain itu terdapat perbedaan tingkat konsentrasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata konsentrasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 75,9118 dan dan kelas kontrol sebesar 65,5522. (3) hasil analisis dalam penelitian ini bahwa dzikir melalui ketengan jiwa mempunyai pengaruh terhadap konsentrasi belajar baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai pengaruh langsung sebesar 0,629 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,170.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMSI UMYen_US
dc.subjectDZIKIRen_US
dc.subjectKONSENTRASI BELAJARen_US
dc.titleKEEFEKTIFAN DZIKIR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN KABUPATEN SLEMANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record