PENERAPAN METODE MIND MAP DALAM MATA KULIAH NICHIJOU SAKUBUN
Abstract
Penelitian ini berjudul penerapan metode mind map pada mata kuliah nichijou
sakubun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan tanggapan
pembelajar terhadap penerapan metode mind map pada mata kuliah nichijou
sakubun. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat III Program Studi
Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran
2018/2019 sebanyak 22 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data berupa
observasi, angket dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa sebagian besar pembelajar
berpendapat bahwa metode mind map mempermudah pembelajar dalam menulis
sakubun. Selain itu metode mind map juga membuat pembelajaran menjadi menarik
dan tidak membosankan. Oleh karena itu metode mind map cocok digunakan pada
mata kuliah nichijou sakubun.