STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI MEDIA MUSIK
Abstract
Islam merupakan Agama pendakwah yang memerintahkan umatnya untuk menyebarkan dan menyampaikan Agama Islam kepada umat manusia untuk mendapatkan kesejahteraan dalam hidup. Salah satu tujuan dalam berdakwah yaitu untuk mewujudkan kesadaran diri manusia, serta meraih kebahagiaan dalam dunia maupun akhirat. Berdakwah pada saat ini tidak hanya dilakukan para juru dakwah (da’i) saja, akan tetapi dakwah juga dapat dilakukan dengan berbagai cara dan tempat serta berbagai media yang bisa digunakan dalam berdakwah, seperti halnya : Media audio visual “Radio dan Televisi, Majalah, Koran, Buku, dan Internet, bahkan Media Musik. Sehingga dapat diharapkan dakwah yang berupa nasehat dan ajakan untuk kebaikan (kemaslahatan) umat bisa tersampaikan kepada masyarakat tanpa terkecuali.
“ Syahada” adalah salah satu grup band yang berdakwah melalui media musik, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pertama, bagaimana strategi komunikasi dakwah yang dilakukan oleh grup band Syahada. Kedua bagaimana isi nilai dakwah yang yang di lakukan oleh grup band Syahada.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yakni pendiri grup band Syahada serta beberapa personilnya. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik deskriptif analitik. Sehingga data - data yang diperoleh akan peneliti jabarkan dan gambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Adapun hasil penelitian ini adalah, strategi komunikasi dakwah yang dilakukan oleh grup band syahada yaitu: (1) Membahasakan al-Quran dan As-sunnah dalam bingkaian syair dan nada, (2) mewujudkan kecintaan kepada agama Islam melalui media musik, (3) untuk menyiarkan Agama Islam melalui media musik.