STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN PEMUDA YAYASAN SENYUM KITA YOGYAKARTA 2018
Abstract
Strategi Komunikasi Pemberdayaan Pemuda Yayasan Senyum Kita Yogyakarta 2018
Degradasi moral yang terjadi pada kalangan anak muda masa kini menimbulkan banyak
spekulasi negatif. Namun tidak sedikit pula anak muda yang peduli terhadap perubahan bangsa.
Mereka menyalurkan kreatifitas mereka melalui lembaga atau organisasi yang sesuai dengan
tujuan mereka. Yayasan Senyum Kita merupakan salah satu lembaga yang berfokus pada
pemberdayaan anak muda dengan mendidik dan memberikan kreatifitas bagi anak-anak yatim
atau dhuafa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif
kualitatif, melalui penyajian dalam bentuk data deskriptif. Adapun pengumpulan data meliputi
observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Yayasan Senyum Kita (YSK)
Yogyakarta yang beralamat di Blimbingsari, RT.02/RW.15, Caturtunggal, Depok, Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YSK Yogyakarta
menggunakan strategi komunikasi dengan lima cara untuk memberdayakan pemuda yakni
menentukan komunikan, penggunaan media komunikasi, penyampaian isi atau tujuan kegiatan,
pemilihan komunikator dan yang terakhir evaluasi pencapaian suatu tujuan atau program.