BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN ORANGTUA DI SD AISYIYAH KOJA JAKARTA UTARA
Abstract
BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN ORANGTUA
DI SD AISYIYAH KOJA JAKARTA UTARA
Komunikasi merupakan media penghubung antar individu dan kelompok manusia
dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang akan terlibat dalam kegiatan komunikasi baik
berupa isyarat, gestur, tulisan, gambar, ataupun wicara. Dalam suatu kegiatan
pendidikan, kualitas komunikasi antara guru, orangtua dan siswa sangat mempengaruhi
hasil dari suatu kegiatan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentukbentuk,
faktor pendukung dan penghambat komunikasi antara guru dan orangtua di SD
Aisyiyah Koja Jakarta Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
menggunakan teori komunikasi Joseph A DeVito. Hasil dari penelitian menyatakan
bahwa bentuk komunikasi yang digunakan oleh guru dan orangtua di SD Aisyiyah Koja
Jakarta Utara adalah komunikasi interpersonal, yaitu komunikasi antara satu orang
dengan orang lain dengan tujuan untuk mengenal, berhubungan, mempengaruhi,
bermain, dan membantu. Adapun Faktor pendukung komunikasi antara keduanya adalah
kepedulian orangtua terhadap perkembangan anak dan adanya media komunikasi
berbentuk handphone, adapun faktor penghambatnya adalah kesibukan guru dan
orangtua kurangnya pertemuan secara resmi.