ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2011 – 2017)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji, membuktikan secara empiris dan mengetahui bahwa ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas memiliki hubungan dengan pengungkapan ISR pada perusahaan yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah (DES). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syariah dan menerbitkan Laporan Tahunan secara berturut-turut tahun 2011-2017. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 273. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis dilakukan dengan metode regresi berganda dan juga Uji Asumsi Klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Sedangkan, ukuran dewan komisaris dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.