STRATEGI PROMOSI BUDAYA LOKAL MELALUI UPACARA TRADISI RUWATAN RAMBUT GEMBEL DI HARI JADI KABUPATEN WONOSOBO KE 191 TAHUN 2016
Abstract
Penelitian ini berusaha menganalisis strategi promosi budaya lokal melalui
upacara tradisi ruwatan rambut gembel di Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke 191
Tahun 2016.
Penelitian ini menggunakan kerangka teori strategi promosi untuk
menganalisis kegiatan promosi yang dilakukan dinas pariwisata wonosobo. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan sumber data
berasal dari wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan tiga orang
informan.
Hasil penelitian menunjukan strategi promosi yang dilakukan berjalan efektif
dengan memanfaatkan periklanan sebagai alat promosi utama dalam menyebarkan
informasi. Kegiatan periklanan dilakukan dengan menggunakan media-media
komunikasi seperti baleho, leaflet dan spanduk yang ditempatkan dijalan-jalan utama.
Selain itu, dinas pariwisata juga melakukan kegiatan public relations dalam kegaitan
promosinya.