Show simple item record

dc.contributor.advisorGUNAWAN, BARBARA
dc.contributor.authorMANEZA, WAHYU ILLAHI
dc.date.accessioned2019-03-21T01:39:54Z
dc.date.available2019-03-21T01:39:54Z
dc.date.issued2019-02-18
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25778
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan sebagai variabel pemoderasi. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data adalah melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Akuntansi Universitas terakreditas “A” yang ada di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling sehingga diperoleh sample sebanyak 140 orang. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan menggunakan Moderating Regression Analysis dengan bantuan software SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (2) minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (3) kepercayaan diri memperkuat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan (4) kepercayaan diri memperkuat pengaruh antara minat elajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi.en_US
dc.description.abstractThis research aims at knowing the effect of emotional intelligence and learning interest toward the understanding level of accountancy with self- confidence as moderating variable. The kind of this research is qualitative by using primary data. The technique of collecting the data is by using questionnaire. The population in this study were University Accounting S1 students with an "A" accreditation in Yogyakarta. The technique of taking the sample uses non probability so it gets sample as many as 140 people. The analysis data uses the analysis of simple linear regression and uses moderating regression analysis by assistance of SPSS software version 24. The result of this research shows that (1) emotional intelligence has significant positive effect toward the understanding level of accountancy, (2) learning interest has significant positive effect toward the understanding level of accountancy, (3) self-confidence strengthens the effect of emotional intelligence toward the understanding level of accountancy, (4) self-confidence strengthens the effect of learning interest toward the understanding level of accountancyen_US
dc.publisherFAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectemotional intelligence, learning interest, understanding of accountancy, self-confidence.en_US
dc.titlePENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI: KEPERCAYAAN DIRI SEBEGAI VARIABEL MODERATINGen_US
dc.title.alternativeStudi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi di Yogyakartaen_US
dc.typeThesis SKR FEB 078en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record