ANALISIS FAKTOR STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA INDUSTRI PENGOLAHAN UBI KAYU DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI
View/ Open
Date
2019-03-09Author
ASIH, DEWI
SANTOSO, SISWANTO IMAM
MUKSON, MUKSON
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor bauran pemasaran (produk, harga,
distribusi dan promosi) dan alternatif pilihan strategi bauran pemasaran yang sesuai pada
industri pengolahan ubi kayu di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Penelitian
dilakukan pada bulan November – Desember 2018. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah survei. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan quota sampling
sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi
dan pencatatan. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan metode AHP
(Analytic Hierarchy Process) dengan software Expert Choice v11. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor bauran pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi)
berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap tingkat penjualan, sedangkan secara parsial
yang paling berpengaruh sangat nyata (P<0,01) adalah variabel promosi. Berdasarkan
prioritas strategi bauran pemasaran pada industri pengolahan ubi kayu di Kecamatan
Margoyoso adalah memperluas pasar (0,625), meningkatkan penjualan (0,238) dan
meningkatkan pendapatan (0,136). Alternatif strategi bauran pemasaran yang diperoleh
secara berurutan yaitu strategi promosi (0,429), distribusi (0,237), produk (0,201) dan
harga (0,133). Hasil ini menunjukkan bahwa perlunya memperkuat strategi bauran
pemasaran khususnya pada variabel promosi.