Show simple item record

dc.contributor.advisorKURNIAWAN, BACHTIAR DWI
dc.contributor.authorRAMADHANI, TIARA
dc.date.accessioned2019-07-18T06:16:34Z
dc.date.available2019-07-18T06:16:34Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28143
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Batam dalam menjalankan e-procurement pada tahun 2017-2018. Pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Batam terdapat banyak keluhan-keluhan dari penyedia jasa dengan hasil pelelangan yang telah ditetepkan oleh panitia. Maka dari itu peneliti akan melihat daya tanggap dari panitia lelang dalam menangani keluluhan dari penyedia jasa. Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif desktiptif. Hal tersebut dikarenakan pada metodologi kualitatif ini bertujuan untuk. Sumber-sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa panitia atau pelaksana lelang mampu memberikan tanggapan yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam proses lelang masa sanggah, tanya jawab untuk penyedia jasa bertanya seputar proses lelang, LPSE Kota Batam mampu membuat laporan pertanggungjawaban atas kegitan yang telah dilakukanya yaitu laporan rencana paket pengadaan, laporan progres fisik dan laporan keuangan. Laporan pertanggungjawaban tersebut dilaporkan setiap tahunnya kepada LKPP melalui SISMON TEPRA. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari LPSE Kota Batam ini dilihat dari struktur organisasi, kebijakan pengelolaan berupa visi misi organisasi, Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana atau prasarana yang memadai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah evaluasi e-procurement pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Batam tahun 2017-2018 sudah dapat dikatakan baik hal ini dibuktikan dengan responsivitas, akuntabilitas dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari LPSE Kota Batam itu sendiri. Saran pada penelitian ini LPSE diharapkan mampu menjaga kualitas pelaksana, apabila perubahan versi pada sistem diharapkan mensosialisasikan terlebih dahulu kepada penyedia jasa dan mampu meningkatkan kapasitas sistem agar tidak terjadi server down.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Batam dalam menjalankan e-procurement pada tahun 2017-2018. Pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Batam terdapat banyak keluhan-keluhan dari penyedia jasa dengan hasil pelelangan yang telah ditetepkan oleh panitia. Maka dari itu peneliti akan melihat daya tanggap dari panitia lelang dalam menangani keluluhan dari penyedia jasa. Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif desktiptif. Hal tersebut dikarenakan pada metodologi kualitatif ini bertujuan untuk. Sumber-sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa panitia atau pelaksana lelang mampu memberikan tanggapan yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam proses lelang masa sanggah, tanya jawab untuk penyedia jasa bertanya seputar proses lelang, LPSE Kota Batam mampu membuat laporan pertanggungjawaban atas kegitan yang telah dilakukanya yaitu laporan rencana paket pengadaan, laporan progres fisik dan laporan keuangan. Laporan pertanggungjawaban tersebut dilaporkan setiap tahunnya kepada LKPP melalui SISMON TEPRA. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari LPSE Kota Batam ini dilihat dari struktur organisasi, kebijakan pengelolaan berupa visi misi organisasi, Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana atau prasarana yang memadai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah evaluasi e-procurement pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Batam tahun 2017-2018 sudah dapat dikatakan baik hal ini dibuktikan dengan responsivitas, akuntabilitas dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari LPSE Kota Batam itu sendiri. Saran pada penelitian ini LPSE diharapkan mampu menjaga kualitas pelaksana, apabila perubahan versi pada sistem diharapkan mensosialisasikan terlebih dahulu kepada penyedia jasa dan mampu meningkatkan kapasitas sistem agar tidak terjadi server down.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEvaluasi Kinerja, E-Procurement, LPSE Kota Batamen_US
dc.titleEVALUASI KINERJA E-PROCUREMENT PADA LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK (LPSE) DI KOTA BATAM TAHUN 2017-2018en_US
dc.typeThesis SKR 339en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record