REPRESENTASI FREEMASONRY DALAM FILM SANG PENCERAH (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)
Abstract
Freemasonry merupkan sebuah organisasi rahasia Yahudi Internasional yang membawa semboyan persaudaraan, persamaan dan kebebasan. Organisasi ini memaknai kebebasan secarak sakral, bahwa manusia tidak boleh terikat oleh dogma-dogma agama. Representasi simbol-simbol Freemasonry dalam film sudah tidak asing lagi. Sudah banyak film-film yang disajikan dengan tampilan simbol-simbol Freemasonry dengan maksud tertentu. Salah satu film yang disisipi simbol-simbol Freemasonry adalah film yang bergenre Islam yaitu film Sang Pencerah. Film produksi MVP Pictures ini pertama kali dirilis pada tahun 2010. Dalam penelitian yang penulis lakukan memiliki tujuan diantaranya untuk mendeskripsikan freemansory yang direpresentasikan dalamfilm “Sang Pencerah untuk menjelaskan tentang pesan-pesan Freemasonry yang dikonstruksi melalui simbol-simbol dalam film Sang Pencerah. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini, penulis menggunakan Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan mengamati tanda-tanda yang terdapat dalam film. Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa simbol dari Freemasonry diantaranya, teks judul film “SANG PENCERAH”, Matahari dan Api Obor, Simbol Jangka dan Kompas, Simbol Bintang David dan Unicorn, Mata Satu, Simbol Baphomet. Adapun pesan-pesan yang dikonstruksikan dalam film Sang Pencerah adalah paham Liberalisme dan LGBT.