PERSEPSI KONSUMEN JAMU GODHOG DI CV MERAPI FARMA HERBAL HARGOBINANGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bauran pemasaran Jamu Godhog CV Merapi Farma Herbal dan
mengetahui persepsi konsumen terhadap produk, harga, tempat, dan promosi
Jamu Godhog CV Merapi Farma Herbal. Penelitian ini dilakukan pada bulan
Maret 2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental
sampling. Sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 100 responden.
Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner,
dan studi dokumen. Uji validitas kuesioner penelitian menggunakan analisis
korelasi product moment. Uji reliabilitas kuesioner penelitian menggunakan
cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang dilakukan oleh Jamu
Godhog CV Merapi Farma Herbal adalah: membuat jamu godhog yang
berkualitas dengan merek Jamu Godhog Khas Jogja dan selalu tersedia bagi
konsumen; menyediakan jamu godhog yang beragam dan lengkap terdiri dari 19
jenis jamu racikan umum, 175 jenis jamu racikan khusus bukan komplikasi, dan
238 jenis jamu racikan khusus komplikasi; menetapkan harga jual jamu godhog
sebesar Rp 7.000 untuk jamu godhog siap saji, Rp 30.000 untuk jamu godhog
kemasan jenis racikan umum, dan Rp 45.000 untuk jamu godhog kemasan jenis
racikan khusus; menyediakan fasilitas muhola dan toilet; memanfaatkan baliho,
website, dan e-commerce untuk mengiklankan jamu; dan hubungan baik dengan
masyarakat. Persepsi konsumen terhadap produk, harga, tempat, dan promosi
Jamu Godhog CV Merapi Farma Herbal adalah baik akan tetapi persepsi
konsumen terhadap tempat Jamu Godhog CV Merapi Farma Herbal memiliki
rata-rata skor persepsi konsumen terendah dimana indikator terendahnya adalah
persepsi konsumen terhadap kebersihan dan kenyamanan mushola, dan persepsi
konsumen terhadap kebersihan dan kenyamanan toilet.