PENGARUH EFEKTIVITAS PENERAPAN SEKOLAH LIMA HARI TERHADAP TINGKAT KEJENUHAN DAN PRESTASI BELAJAR ISMUBA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Sekolah Lima Hari di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, untuk mengetahui tingkat kejenuhan penerapan Sekolah Lima Hari, untuk mengetahui prestasi belajar ISMUBA siswa, untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh efektivitas penerapan Sekolah Lima Hari terhadap tingkat kejenuhan siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh efektivitas penerapan Sekolah Lima Hari terhadap prestasi belajar ISMUBA di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Subyek penelitian ini berjumlah 105 siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Data dikumpulkan melalui kuisioner model skala likert. Uji validitas menggunakan Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji regresi linear yang dilakukan dengan 2x uji, dan uji anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pencapaian efektivitas program Sekolah Lima Hari di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan nilai sebesar 2,70 yang memiliki kriteria efektif; 2) Tingkat kejenuhan belajar siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta berada pada kategori sedang; 3) Prestasi belajar ISMUBA siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta berada pada kategori sedang; 4) Hasil dari hipotesis pertama diperoleh bahwa terdapat pengaruh efektivitas penerapan Sekolah Lima Hari terhadap tingkat kejenuhan belajar siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji Anova yang menunjukkan bahwa nilai Sig 0.011 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak ; 5) Hasil dari hipotesis kedua diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh efektivitas penerapan Sekolah Lima Hari terhadap prestasi belajar ISMUBA siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hal ini dapat diketahui bahwa hasil sig 0.082 nilai tersebut lebih besar dari 0.05 ( 0.082 > 0.05 ), maka Ha ditolak dan Ho diterima.