PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN MABRUR (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri KC Rengat)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik syariah marketing terhadap kepuasan nasabah tabungan mabrur di Bank Syariah Mandiri KC Rengat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh berdasarkan kuisioner. Populasi yang dalam penelitian ini sebanyak 1080 dan responden yang digunakan sebanyak 91 orang. Namun data yang dapat diolah sebanyak 86 dikarenakan ada beberapa kuisioner yag tidak kembali. Teknik sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Teistis (Rabbaniyah) dan realistis (Al-Waqi’iyyah) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan mabrur. Variabel Etis (Akhlaqiyyah) dan Humanistis (AlInsaniyyah) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan mabrur. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa variabel Teistis (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyyah), dan Humanistis (Al-Insaniyyah) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan mabrur dengan menunjukkan nilai F 23,223 dengan signifikansi 0,000.