dc.description.abstract | Era industri disrupsi digital, membuat perusahaan-perusahaan melakukan
transformasi dan inovasi untuk memperkuat bisnisnya. Termasuk melanda sektor
industri media, ditandai dengan fenomena digitalisasi yaitu pergeseran dari model
penyiaran analog menjadi digital sehingga memerlukan perubahan manajemen
media. Transformasi media ini terjadi pada penyiaran televisi, yaitu Jawa Pos Grup
dengan induk jaringannya Jawa Pos Multimedia. Meluncurkan inovasi aplikasi
televisi digital berbasis streaming, yang diberi nama JPM Stream.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen media yang
diterapkan JPM Stream, agar tetap bertahan di persaingan pada era disrupsi digital.
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian studi kasus. Adapun pengambilan
data primer dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pengelola JPM
Stream dan data sekunder menggunakan laporan kinerja perusahaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tim JPM Stream memiliki pola
manajemen media yang efektif, melalui networking, mengingat JPM Stream adalah
rumah bagi televisi jaringan Jawa Pos. Aplikasi JPM Stream adalah pionir aplikasi
integrasi televisi jaringan, dan menerapkan Business Model Canvas dalam
memetakan produknya agar tepat sasaran. Penelitian ini juga menemukan bahwa
JPM stream mengembangkan built in display aplikasi, yang dipersiapkan untuk slot
bisnis yang sedang dikembangkan. Kajian ini juga menunjukkan JPM Stream
memiliki eksklusivitas dengan kanalnya dan menggunakan jadwal berjaringan
secara nasional untuk mempromosikan aplikasi JPM Stream melalui televisi
jaringan Jawa Pos Grup. | en_US |