PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MAHAROTUL QIRO’AH SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan media pembelajaran card sort dalam meningkatkan maharotul qiro’ah bahasa Arab kelas VI B SD Muhammadiyyah Ambarketawang 3 Yogyakarta, (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran card sort dalam meningkatkan maharotul qiro’ah bahasa Arab kelas VI B SD Muhammadiyyah Ambarketawang 3 Yogyakarta.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI B di SD Muhammadiyyah Ambarketawang 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dan merupakan penelitian Pra Eksperimental dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data memakai metode pretest dan posttest, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran card sort dalam meningkatkan maharotul qiro’ah bahasa Arab peneliti menggunakan uji t-hitung.
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran bahasa Arab dengan pemberian treatment yang dibantu dengan media pembelajaran card sort. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kegiatan proses belajar mengajar di dalam kelas yang monoton dan juga membaca kosa kata yang ada dengan metode membaca pada umumnya.
Hasil rata-rata nilai pretest sebesar 36. Setelah pemberian treatment ada peningkatan rata-rata nilai posttest yaitu 71,65. Hasil pengolahan uji t-hitung dengan software SPSS 16 menunjukkan bahwa nilai sig = 0,000. Nilai sig < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, media pembelajaran card sort efektif untuk meningkatkan maharotul qiro’ah bahasa Arab peserta didik.