dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap
efektifitas permainan cue card dalam pembelajaran bahasa arab antara kelas
eksperimen (kelas yang digunakan untuk menguji efektifitas permainan cue card)
denga kelas kontrol (kelas yang tidak menggunakan permainan cue card dalam
pembelajaran) kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan
Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
penelitian eksperimen pretest-posttest control group design yang dilaksanakan
dengan 5 kali pertemuan, 2 pertemuan untuk pretest-posttest dan 3 kali pertemuan
dalam pembelajaran. Penelitian ini juga membahas tentang faktor-faktor
penghambat keterampilan berbicara dan membahas manfaat dari permainan cue
card, angket yang digunakan yaitu dengan skala Guttman. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, test, angket dan dokumentasi. Hasil dari
penelitian akan di olah menggunakan SPSS 24.0 dengan rumus Uji-t, juga
sebagian data akan diolah menggunakan bantuan Microsoft Exel 2013.
Hasil rata-rata dari pretest kelas B eksperimen adalah 74,65, dan hasil ratarata
posttest kelas B eksperimen adalah adalah 85,81. Dan hasil rata-rata dari
pretest kelas A kontrol adalah 73,88, hasil rata-rata posttest kelas A kontrol adalah
83,23. Adapun hasil perhitungan angket dengan skala Guttman menunjukan hasil
Koefisien Reprodusibilitas (Kr) = 0.82, Koefisien Skalabilitas (Ks) = 0.64, dan
perhitungan reliabilitas dengan rumus Kuder Richardson (KR20) = 0.67. | en_US |