Show simple item record

dc.contributor.advisorROOJIL, FADILLAH
dc.contributor.authorIRFAN, NURIANA
dc.date.accessioned2019-10-31T03:55:17Z
dc.date.available2019-10-31T03:55:17Z
dc.date.issued2019-03-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30204
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap efektifitas permainan cue card dalam pembelajaran bahasa arab antara kelas eksperimen (kelas yang digunakan untuk menguji efektifitas permainan cue card) denga kelas kontrol (kelas yang tidak menggunakan permainan cue card dalam pembelajaran) kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian eksperimen pretest-posttest control group design yang dilaksanakan dengan 5 kali pertemuan, 2 pertemuan untuk pretest-posttest dan 3 kali pertemuan dalam pembelajaran. Penelitian ini juga membahas tentang faktor-faktor penghambat keterampilan berbicara dan membahas manfaat dari permainan cue card, angket yang digunakan yaitu dengan skala Guttman. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, test, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian akan di olah menggunakan SPSS 24.0 dengan rumus Uji-t, juga sebagian data akan diolah menggunakan bantuan Microsoft Exel 2013. Hasil rata-rata dari pretest kelas B eksperimen adalah 74,65, dan hasil ratarata posttest kelas B eksperimen adalah adalah 85,81. Dan hasil rata-rata dari pretest kelas A kontrol adalah 73,88, hasil rata-rata posttest kelas A kontrol adalah 83,23. Adapun hasil perhitungan angket dengan skala Guttman menunjukan hasil Koefisien Reprodusibilitas (Kr) = 0.82, Koefisien Skalabilitas (Ks) = 0.64, dan perhitungan reliabilitas dengan rumus Kuder Richardson (KR20) = 0.67.en_US
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAl-kalam, pembelajaran bahasa Arab, cue card.en_US
dc.titlePENERAPAN PERMAINAN CUE CARD DALAM MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB (STUDI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)en_US
dc.typeThesis SKR FPB 68en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record