Show simple item record

dc.contributor.advisorHARIYANTO, MUHSIN
dc.contributor.advisorAZHAR, MUHAMMAD
dc.contributor.authorKAMARULZAMAN
dc.date.accessioned2019-11-15T06:33:42Z
dc.date.available2019-11-15T06:33:42Z
dc.date.issued2019-07-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30459
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi menghafal Al-Qur‟an bagi mahasiswa-mahasiswi penerima beasiswa hafiz, untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses menghafal Al-Qur‟an serta dampak positif bagi orang lain. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang utama adalah teknik wawancara. Selain itu juga observasi partisipatif agar data yang diperoleh lebih valid, dan disertai dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitiatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah di lapangan. Analisis sebelum di lapangan dilakukan terhadap data-data sekunder yang akan digunakan untuk menentukan fokus penelitian yang masih sementara dan masih bisa berkembang selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh para mahasiwa/i penerima beasiswa hafiz yaitu dengan menggunakan pengulangan atau muroja‟ah yang dilakukan dengan sistem tidak beralih dari ayat berikutnya sebelum ayat sebelumnya yang sedang dihafal benar-benar hafal. Untuk faktor penghambat pelaksanaan menghafal Al-Qur‟an antara lain: kondisi lingkungan, malas dan kecapekan. Serta faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur‟an adalah: Istiqamah dalam menghafal, motivasi diri sendiri, manajemen waktu, dan tempat untuk menghafal. Implikasi dampak positif yang telah dilakukan oleh mahasiswa/i penghafal Al-Qur‟an di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu, untuk orang-orang sekitarnya seperti teman-teman yang belum menjadi penghafal Al-Qur‟an yang secara tidak langsung mereka termotivasi untuk mencoba menghafal Al- Qur‟an dengan seringnya berinteraksi dengan para pengafal Al-Qur‟an.Dalam menjaga hafalan yang telah dilakukan oleh mahasiswa/i penerima beasiswa hafiz di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu dengan muroja‟ah atau mengulang hafalan.en_US
dc.publisherMAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStrategi menghafal Al-Qur’an, implikasi hafalanen_US
dc.titleANALISIS STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA PENERIMA PROGRAM BEASISWA HAFIZ DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record